Cara Merawat dan budidaya Ikan Louhan Cencu

Bagi sebagian orang, ikan louhan dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dalam kehidupan sehingga budidaya ikan louhan cukup banyak dilakukan oleh masyarakat. Ada berbagai cara merawat ikan louhan cencu yang paling baik dan benar yang akan menghasilkan sisik dan warna yang cantik dengan bentuk tubuh yang unik. Ciri khas utama ikan louhan yaitu terletak pada benjolan yang ada di bagian dahi yang membuat tampilannya menjadi lucu dan berbeda dengan jenis ikan lainnya.

Cara merawat ikan louhan cencu biasanya digunakan oleh para pecinta ikan hias agar hasil budidaya menjadi banyak dan berlimpah. Tujuan dari perawatan ikan louhan supaya ikan dapat tumbuh dan berkembang dalam keadaan yang paling baik sehingga menghasilkan kualitas yang terbaik. Hasil yang baik akan mempengaruhi penawaran ikan, semakin baik kualitas dari ikan louhan maka semakin besar juga harganya.

Cara Merawat Ikan Louhan Cencu

Ikan louhan jenis cencu sangat terkenal dengan sebutan ikan louhan mutiara karena memiliki sisik indah yang dapat mencerahkan warna sehingga membuat mata menjadi lebih segar ketika melihatnya. Untuk menghasilkan ikan yang berkualitas, tentunya membutuhkan beberapa perawatan yang harus dilakukan. Adapun cara untuk merawat ikan louhan adalah sebagai berikut.

Membuat Kolam yang Ukurannya Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai budidaya ikan louhan adalah membuat kolam terlebih dahulu karena kolam merupakan tempat untuk mempercepat pertumbuhan dan berkembangan ikan louhan. Ukuran kolam yang dibuat harus lebih besar dari ukuran ikan louhan saat sudah dewasa, kira-kira 4 atau 5 kali lebih besar. Setelah itu, siapkan beberapa peralatan seperti filter, aerator, bebatuan dan tanaman air serta lampu UV.

Beberapa peralatan yang diperlukan untuk membuat kolam mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Alat filter digunakan untuk menyaring air kotor yang ada dalam kolam agar kebersihan dan kejernihan air kolam tetap terjaga. Aerator merupakan alat yang berguna untuk mengatur banyak sedikitnya oksigen yang ada dalam kolam.

Bebatuan dan tanaman air berfungsi sebagai pengganti habibat asli untuk menghindari ikan louhan stres dan tetap aktif seperti pada habitat aslinya. Yang terakhir adalah lampu UV yang berguna dalam mengatur pencahayaan kolam.

Atur Suhu Air kolam

Untuk menapatkan ikan louhan yang berkualitas, jangan pernah lupa untuk memperhatikan suhu air di dalam kolam maupun di dalam aquarium. Suhu air yang cocok bagi perkembangan ikan louhan kira-kira berkisar antara 29 sampai dengan 32 derajat celcius.

Penggantian air juga harus rutin dilakukan agar ikan tidak stres karena kekeruhan dan bau tidak sedap yang disebabkan air kolam atau aquarium tidak pernah diganti. Biasanya, air diganti sekitar dua minggu sekali agar kualitas air tetap jernih dan segar.

Pilih Bibit Kualitas Unggul

Ada beberapa jenis louhan yang dibudidayakan di Indonesia, salah satunya ikan louhan cencu. Bibit ikan merupakan salah satu faktor penting yang tidak bisa diremehkan dalam kegiatan budidaya ikan louhan jenis cencu. Kualitas bibit ikan akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan budidaya karena dengan bibit yang baik maka akan menghasilkan ikan louhan dengan kualitas yang baik juga.

Atur Pola Makan

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan asupan makanan, ikan louhan pun harus diberikan makanan agar kelangsungan hidupnya dapat terjaga. Makanan ikan yang diberikan tidak boleh sembarangan dan harus mengandung vitamin, gizi dan protein yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan louhan. Jenis makanan yang diberikan biasanya berupa pelet, udang kecil, cacing sutra dan jangkrik. Manfaat jangkrik dan makanan lainnya sangat baik untuk pertumbuhan ikan louhan.

Pemijahan ikan louhan

Cara merawat ikan louhan cencu yang sudah dewasa yaitu pemijahan. Pemijahan adalah proses mengawinkan ikan jantan dengan ikan betina. Bagi pecinta ikan hias dan pembudidaya, pemijahan dilakukan untuk mendapatkan anakan yang unggul.

Cara yang dilakukan yaitu dengan membuat kolam khusus untuk pemijahan, kemudian masukan ikan betina dan jantan secara terpisah menggunakan sekat agar terjadi kemistri antar keduanya. Setelah itu, gabungkan kedua ikan tersebut di kolam yang sama. Untuk proses pemijahan, satu kolam hanya diisi oleh satu pasang ikan louhan saja.

Pemeliharaan larva

Merawat louhan kecil membutuhkan teknik yang baik agar tidak mati. Setelah indukan bertelur, telur ikan louhan harus dipisahkan dengan indukan ikan jantan. Setelah ditinggalkan, telur akan menetas dan berubah wujud menjadi larva. Selama 2 sampai 3 hari setelah dilahirkan, larva ikan tidak perlu diberikan makanan. Setelah 3 hari baru boleh diberikan makanan berupa kutu air putih, Anda juga bisa menghidupkan aerator agar sirkulasi udara di dalam air tetap baik.

Cara merawat ikan louhan cencu memang bisa dibilang lumayan rumit bagi pemula, akan tetapi jika sudah terbiasa, pekerjaan tersebut akan lebih menyenangkan. Pemeliharaan ini harus dilakukan dengan rutin dan benar agar hasil ikan louhan dapat berkualitas.

Sumber: blogikan.com

Hay saya adalah edi..

Hanya seorang blogger newbie.

Tinggalkan komentar