3 Tempat Bersejarah di Balikpapan Peninggalan Jepang

Tempat bersejarah di Balikpapan yang merupakan bekas peninggalan Jepang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wisawatan. Seperti yang telah diketahui bahwa Jepang dulu pernah menjajah bangsa Indonesia pada tahun 1942. Kota Balikapan inilah yang menjadi saksi bisu penjajahan yang terjadi pada masa itu dan masih menyimpan sejarah kependudukan Jepang hingga sekarang ini. Disini kami akan menjelaskan setidaknya ada 3 lokasi peninggalan Jepang yang wajib diketahui dan dieksplore ketika berkunjung di kota Balikpapan.

Adapun 3 Tempat Bersejarah di Balikpapan Peninggalan Jepang yang dilansir dari hobiholiday, antara lain :

Tugu Perdamaian KM 12 Balikpapan 

Tempat bersejarah ini terletak di KM 12 Balikpapan. Situs Tugu Jepang ini merupakan lokasi pertama yang perlu Anda kunjungi. Rute jalan menuju ke lokasi berlumut dan banyak sekali dedaunan yang berserakan di jalan. Namun, ada banyak pohon rindang yang mengelilinginya sehingga menjadikan perjalanan menuju ke lokasi terasa lebih sejuk. Tugu Perdamaian ini adalah sebuah bentuk untuk mengenang para pejuang ynag telah gugur ketika masa perang dunia ke II.
tugu perdamaian balikpapan

Di sekitar are tugu perdamaian tersebut terdapat makam yang belum diketahui namanya. Namun, masyarakat setempat beranggapan bahwa makam tersebut adalah makam orang Jepang pada masa kependudukan di kota Balikpapan.

Kondisi lokasi yang terlihat kurang terawat akan sangat disayangkan sekali, karena tempat bersejarah di Balikpapan seharusnya perlu dilestarikan dan dijaga dengan baik guna mengenang kembali perjuangan para pejuang di masa kependudukan penjajah yang pernah terjadi di kota Balikpapan.

Meriam Jepang

Tempat bersejarah di Balikpapan yang lainnya berada di kawasan Asrama Bukit Kelurahan Kampung Baru Ilir. Meriam Jepang ini adalah bukti peninggalan sejarah dari Angkatan Laut Jepang atau sering disebut Kaigun. Di kawasan wisata bersejarah tersebut terdapat 2 meriam yang letaknya saling berdekatan. Hal ini menandakan bahwa kota Balikpapan adalah lokasi strategis Angkatan Laut Jepang dalam melakukan pertahanan.

Meriam Jepang ini dulunya digunakan sebagai salah satu senjata pertahanan Jepang guna melawan Belanda. Perlawanan tersebut untuk merebutkan wilayah sumur minyak yang terletak di kota Balikpapan.

Lokasi wisata bersejarah ini terkesan lebih bersih dan cukup terawat. Letak lokasi meriam kesatu dengan keduanya memang berdekatan namun terhalang oleh PDAM yang berada di tengah-tengahnya.

Bunker Jepang

Bukti peninggalan sejarah lainnya adalah Bunker Jepang. Tempat bersejarah di Balikpapan peninggalan Jepang ini berada di Perumahan TNI Balikpapan.

Lokasinya terletak di antara rumah-rumah milik prajurit TNI. Bunker Jepang ini adalah suatu bukti nyata bahwa tempat tersebut merupakan tempat pertahanan pasukan Jepang guna berlindung dari musuh pada saat itu.

Ada 2 Bunker Jepang di lokasi yang tidak begitu berjauhan, kondisi kedua Bunker terkesan tidak terawat karena banyak ditumbuhi rumput liar di sekitar Bunker.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tempat bersejarah di Balikpapan. Sangatlah menarik apabila Anda bisa mengetahui lokasi bersejarah secara langsung sekaligus mengabadikan benda dari masa lampau yang masih bisa dijumpai hingga sekarang ini. Namun perlunya peran penting dari pemerintah agar lebih merawat dan menjaga dengan baik guna menjadikan tempat-tempat bersejarah tersebut lebih sering dikunjungi wisatawan. Sehingga masyarakat bisa lebih mengenal sejarah yang pernah terjadi di Indonesia, khususnya di kota Balikpapan.

Tinggalkan komentar