images 30

Tanya Dokter Kanker Payudara: Inilah Makanan Beresiko Kanker dan Pengobatannya

Kanker payudara merupakan sel kanker yang berada di saluran susu, jaringan ikat dan kelenjar susu di bagian dalam payudara. Perkembangan sel ini cukup cepat dalam membelah sehingga susah untuk dikontrol dan menyebar ke jaringan lainnya dan berkembang ke organ tubuh lain. Sel kanker ini berada dari tumor ganas dan membentuk 80% sel di kanker susu dan 15% di bagian kelenjar susu dan 5% di bagian jaringan ikat. Kanker payudara telah diderita hampir 45000 penduduk setiap tahun mengalami kondisi untuk itu tanya dokter kanker payudara untuk dapat mengurangi gejalanya sejak dini.

Gejala dari kanker payudara adalah adanya perubahan bentuk, ukuran dan tampilan dari payudara, perubahan bentuk pada bagian puting dan terjadi pada penyakit paget payudara. Begitu juga dengan puting yang tiba-tiba berwarna kemerahan dan lecet serta tidak sembuh tanpa adanya penyebab, memberikan pembengkakan pada kelenjar getah benih ketika memasuki stadium lanjut. Stadium lanjut akan memperlihatkan kelainan di kulit payudara layaknya kulit jeruk maupun kulit warna merah terkadang muncul seperti lesung pipi yang tertarik oleh benjolan. Faktor resiko yang mengalami penyakit ini adalah wanita lebih sering, usia tua diatas 45 tahun, memiliki riwayat keluarga sebelumnya pernah menderita dan memiliki gaya hidup sebagai perokok dan mengonsumsi alkohol.

Berikut adalah makanan yang meningkatkan resiko penyakit kanker payudara diantaranya:

  • Makanan lemak jenuh dan lemak trans karena sebagai lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh, jika terlalu banyak mengonsumsi ini akan meningkatkan resiko dan begitu juga dengan mengonsumsi makanan kemasan dan olahan dari mentega, santan dan produk susu merupakan makanan lemak jenuh.
  • Makanan yang dibakar dengan api tinggi akan menyebabkan senyawa HCA dan PAH menjadi zat karsinogen dan mengembangkan sel kanker, HCAs muncul ketika cairan dan daging keluar dan menetas pada api bakar dan menimbulkan asap dan kobaran api, asap dengan PAH akan menempel pada daging yang ditemukan pada senyawa yang hangus, kedua ini akan membuat kerusakan secara mutagenik.

Selain itu, makanan kaleng merupakan makanan yang dapat meningkatkan resiko kanker karena dilapisi dengan BPA. BPA merupakan salah satu bahan yang dapat merusak DNA dan biasanya makanan kaleng diberikan tambahan gula, garam dan pengawet dan menjadi tidak sehat bila dikonsumsi dalam waktu lama dan sering. Sebaiknya perhatikan kaleng dengan keterangan Bebas BPA untuk menghindari kanker atau sebaiknya memiliki makanan segar yang langsung dimasak. Daging merah merupakan makanan yang mengandung kolesterol dibandingkan ikan maupun daging unggas.

Berikut adalah pengobatan kanker payudara diantaranya:

  • Radiasi dengan sinar x untuk membunuh sel kanker dan digunakan jika sel kanker tidak terangkat ketika operasi, direkomendasikan jika tumor lebih 5 cm, menyebar ke kelenjar getah bening dan menyerang otot dada.
  • Kemoterapi merupakan pengobatan kanker dengan obat untuk membunuh kanker, memberikan efek samping diare, mual, nafsu makan menurun, kuku lebih rapuh, rambut menjadi rontok, mudah mengalami memar dan merasa lelah.

Tanya dokter kanker payudara menjelaskan terapi target merupakan pengobatan untuk membunuh sel kanker tanpa mengganggu sel lain yang sehat. Cara untuk terapi target dengan menyuntikkan herceptin dan perjeta pada pembuluh vena pada stadium lanjut dan awal. Untuk stadium lanjut menggunakan obat oral lapatinib dan neratinib yang digunakan juga untuk pengobatan kanker setelah adanya dosis herceptin. Beberapa pengobatan ini dapat dilakukan jika menggunakan pengobatan alami juga dapat dilakukan.

Originally posted 2020-03-12 09:38:40.

Tinggalkan komentar