Standar Pelayanan Antenatal Care Menurut Depkes

Menurut Depkes RI (2010), Antenatal care (ANC) adalah pemeriksaan kehamilan yang diberikan oleh ahli medis baik dari bidan maupun dokter kandungan selama masa kehamilan, yang bertujuan dalam mengoptimalkan kesehatan fisik dan psikis ibu hamil sehingga ibu dapat melalui masa kehamilan dengan sehat.

Oleh karena itu, pelayanan antenatal care harus sesuai standar kebidanan atau kedokteran. Tujuan pelaksanaan pelayanan antenatal cara ini, antara lain:

  1. Memantau kemajuan kehamilan serta memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang jani dalam kandungan.
  2. Meningkatkan kesehatan fisik, mental dan sosial ibu serta janin.
  3. Mengenali lebih dini jika terjadi kelainan pada janin, serta mengurangi risiko komplikasi yang mungkin saja terjadi.
  4. Mempersiapkan persalinan dan pasca persalinan agar tingkat keselamatan lebih tinggi dan mengurangi trauma pada ibu dan bayi.
  5. Mempersiapkan ibu dalam menjalani masa nifas dan mempersiapkan pemberian ASI eksklusif yang berkualitas.
  6. Mempersiapkan peran ibu dan keluarga untuk menerima kelahiran dan tumbuh kembang bayi.

Baca juga: pemeriksaan antenatal care pada ibu hamil

standar pelayanan antenatal care menurut depkes pdf standar pelayanan antenatal care menurut depkes 2016 standar pelayanan antenatal care menurut depkes 2017 standar pelayanan antenatal care terbaru kunjungan anc menurut depkes 2015 kunjungan anc menurut depkes 2017 standar pelayanan antenatal care 10 t panduan pelayanan antenatal terpadu

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar