Pengertian, Ciri–Ciri, Fungsi Berserta Cara Kerja Dari Otot Polos

Pasti bagi kalian sudah tidak asing lagi saat mendengar kata otot bukan? Karena semua orang pasti sudah mengetahui tentang otot dan di dalam tubuh manusia pun semuanya terdapat otot yang mampu menggerakkan tubuh manusia sesuai dengan keinginan. Namun kebanyakan manusia masih belum faham tentang cara kerja otot, fungsi, ciri beserta apa itu otot. Kebanyakan manusia hanya mengetahui namanya saja namun tidak mengetahui fungsi otot itu sendiri dalam tubuh manusia.

Otot polos

Manusia pun kebanyakan tidak mengetahui macam – macam otot yang di dalam tubuhnya. Banyak orang yang masih mengabaikan tentang macam – macam otot yang ada di dalam tubuhnya sendiri. Padahal pada dasarnya penting untuk mengeatahui macam – macam otot yang ada didalam diri kita. Setiap otot yang ada di dalam tubuh kita tidak mempunyai fungsi yang sama serta cara kerja yang sama. Selain itu otot – otot ini juga mempunyai kelemahan yang berbeda pula dimana harus diperhatikan karena jika tidak diperhatikan pada saat salah satu otot ini mengalami suatu masalah maka akan berpengaruh pada fungsi tubuh yang lainnya.

Dari maka itu penting bagi kalian untuk mengetahui setiap fungsi, ciri – ciri serta cara kerja dari setiap otot. Dari maka itu di sini kami akan menjelaskan secara detail tentang Otot Polos yang termasuk dari bagian otot yang ada di dalam tubuh kita. Kemungkinan besar masih banyak yang hanya tahu namanya saja namun masih belum tahu fungsi dari otot polos ini. Mari kita simak penjelasan secara lengkap mengenai pengertian otot polos,ciri – ciri otot polos, serta cara kerja dan fungsi dari otot polos.

Perlunya Memahami Tentang Otot Polos, Ciri – Ciri Serta Cara Kerja Dan Fungsi Kerja Otot Polos

Otot sendiri merupakan suatu jaringan yang ada di dalam tubuh tubuh manusia guna untuk menggerakkan tulang – tulang manusia yang bisa membantu manusia untuk melakukan aktivitas yang akan dilakukan. Otot yang di dalam tubuh manusia tidak hanya satu saja. Melainkan mempunyai beberapa otot yang mempunyai fungsi serta cara kerja yang berbeda. Selain itu setiap otot juga mempunyai kelemahan masing –masing yang perlu kalian perhatikan supaya tidak mengganggu fungsi syaraf yang lainnya.

Pengertian Otot Polos

Otot Polos merupakan otot yang termasuk pada bagian tidak sadar atau otot yang bersifat refleks dalam sistem kerjanya. Otot polos ini mempunyai bentuk lapisan – lapisan pada alat tubuh manusia seperti pada didnding halus, saluran kelamin, serta pada dinding rahim wanita. Oleh karena itu otot polos ini sering di sebut dengan otot alat – alat dalam yang di dalam tubuh manusia.

Ciri–Ciri Otot Polos

Selain itu Otot Polos ini juga mempunyai ciri – ciri yang berbeda dengan otot yang lainnya. Otot polos ini mempunyai bentuk bagian tengahnya menggelembung dan gelongdong di kedua ujung yang meruncing serta pada setiap selnya mempunyai satu inti yang terletak di tengah. Selain itu otot polos ini tidak mempunyai garis yang melintang yang tidak sama halnya dengan otot lurik serta mempunyai waktu kontraksi dari 3 sd 180 detik dan termasuk otot yang tak sadar. Dimana otot ini merspon sesuatu hal, baik aktivitas yang di lakukan oleh manusia yang secara tidak sadar otot polos akan memberikan respon.

Selain itu otot polos ini mempunyai reaksi secara lambat dan tidak mudah lelah tidak sama halnya dengan otot lurik yang mudah mengalami lelah ketika habis melakukan aktifitas. Karena otot polos ini mampu bekerja secara terus neberus walaupun tanpa kita sadari karena otot polos ini tidak di kendalikan oleh manusia secara langsung. Otot Polos ini mampu bekerja atau beraktivitas walaupun berada dalam kondisi bawah sadar manusia. Berbeda dengan otot lurik dimana otot lurik bekerja secara sadar.

Otot Polos tidak hanya mempunyai satu jaringan melainkan dalam menjalankan fungsinnya mempunyai bagian dimana dari setiap bagian itu sudah mempunyai peran yang sama – sama penting. Hal ini juga penting untuk di ketahui oleh kalian. Bagian – bagian yang ada dalam otot polos diantaranya:

  1. Otot Polos Unit Ganda dimana polos ini terdiri dari atas serabu ganda yang berbeda. Pada setiap serabut ini bekerja secara mandiri atau berdiri sendiri tanpa adanya saling membantu satu sama lain seperti otot piloerektor dan siliaris mata.
  2. Otot Polos Unit Tunggal merupakan otot yang mempunyai ratusan hingga jutaan serabut yang satu sama lain saling berhubungan serta memberan sel yang ada di dalamnya saling melekat satu sama lain pada tempat yang berbeda. Oleh karena itu setiap serabut mampu untuk disebarkan menuju serabut lainnya secara mudah.

Cara Kerja Otot Polos

Car kerja Otot Polos sendiri tidak mengikuti dengan apa yang diperintahkan oleh otak. Melainkan terjadi pada luar sadae otak atau tanpa di sadari oleh manusia. Oleh karena itu otot polos di sebut dengan otot tak sadar (otonom). Otot polos ini bekerja secara lambat dan mampu bekerja secara terus menerus tanpa pernah mengalami rasa lelah. Sedangkan otot polos ini terletak pada bagian usus, saluran kencing kemih, saluran peredaran darah, pembuluh daran dan yang lainnya.

Fungsi Otot Polos

Fungsi Otot Polos ini dalam organ tubuh manusia untuk memberikan kontraksi tang memungkinkan zat yang dari dalam atau dari organ yang lainnya mampu masuk serta menjalankan proses dalam organ tubuh manusia tersebut. Serta untuk membantu keluarnya urin dan membantu memindahkan makanan ke satu bagian serta membatu aliran darah ke dalam ateri.

Tinggalkan komentar