Pengentalan Darah Pada Ibu Hamil

Apapun jenis masalah kesehatan yang dialami Ibu hamil pasti akan berdampak pada perkembangan janin, salah satunya adalah pengentalan darah. Kita semua tentunya sudah tahu, kalau darah merupakan bagian tubuh yang berfungsi membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, bahkan ke janin.

Artinya, jika terjadi gangguan dan ketidaknormalan pada darah selama masa kehamilan, tentu saja akan berdampak buruk pada janin maupun ibu.

Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak penjelasannya

Apa yang dimaksud pengentalan darah?

Pengentalan darah atau dalam bahasa medis disebut thrombophilia, bisa terjadi pada siapapun tak pandang usia atau kondisi termasuk ibu hamil.

Penyebab pengentalan darah

Sampai saat ini belum diketahui penyebab terjadinya pengentalan darah. Dalam medis mencatat terjadinya pengentalan dari diakibatkan 2 faktor yaitu genetik dan obesitas (atau kegemukan). Untuk mengurangi risiko kemungkinan terjadinya hal ini, sangat disarankan bagi wanita hamil menjaga berat badan tetap ideal.

Bahaya ibu hamil mengalami pengentalan darah?

Pengentalan darah saat kehamilan cenderung terjadi pada pembuluh darah yang berada di daerah perut, panggul, dan kaki.

Pengentalan darah dapat mengakibatkan gagal ginjal, serangan jantung, stroke, penyumbatan paru-paru, migrain, dan lebih parahnya adalah keguguran.

Apa yang harus saya lakukan jika terjadi pengentalan darah saat hamil?

Bagi para ibu hamil yang mengalami darah kental, sebaiknya harus mendapatkan  suntikan heparin (obat pengencer darah) dari dokter yang sudah berpengalaman, dan ibu hamil diharuskan terus memantau degan ketat perkembangan kehamilan hingga proses melahirkan. Obat pengencer darah tersebut harus disuntikkan diarea perut sekitar pusar ibu hamil, tujuannya adalah untuk memastikan darah tetap normal dan mencegah terjadinya pendarahan saat kehamilan.

Gejala yang bisa muncul akibat pengentalan darah ketika hamil

Jika saat kehamilan anda merasakan tanda dan ciri-ciri berikut ini, mungkin saja terjadi pembekuan pada darah;

  • Sakit kepala atau migrain. Ibu hamil akan merasakan migrain atau sakit kepala yang hebat akibat kekurangan pasokan udara ke otak dan kepala.
  • Merasa seperti mabuk padahal tidak mabuk. Kekurangan pasokan oksigen ke otak akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak seimbang sehingga menjadikan anda seperti orang mabuk.
  • Mata menjadi tidak jelas (blur). Penderita akan mengalami pandangan ganda, berbayang, bahkan sama sekali tidak dapat melihat. Hal ini terjadi karena kurangnya pasokan darah dan udara ke jaringan arteri dan vena mata.

Tips mencegah pengentalan darah

Karena penyebab paling umum terjadi pengentalan adalah faktor genetik dan obesitas. Untuk mencegahnya anda harus membiasakan untuk menerapkan sistem pola hidup sehat sehari-hari.

Oke… demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga membantu dan bermanfaat untuk anda.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar