Pengalaman Scaling Gigi

Halo gimana gaes bagaimana kabarnya nich ? Kali ini saya akan berbagi pengalaman beberapa hari lalu mengenai pembersihan karang gigi atau dalam medis sering di sebut dengan scaling gigi.

Jadi ceritanya begini… Saya punya karang gigi di bagian gigi bawah depan, bisa dibilang sudah cukup lama dan saya biarkan begitu saja, tapi setelah beberapa waktu saya amati kok makin lama karang gigi saya malah makin banyak, sehingga membuat saya khawatir juga kalau terus saya biarain takutnya makin parah lalu merusak gigi atau melukai gusi.

Mungkin beberapa dari kalian ada yeng belum tahu mengenai penyebab karang gigi. Karang gigi itu terbentuk karena adanya sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan lama-kelamaan akan terus menumpuk.

Jujur saja, selama ini saya sudah salah dalam merawat kebersihan gigi, meski saya rajin menyikat gigi 2x dalam sehari pas waktu mandi (nb: mandi 1 hari 2x yaitu pagi dan sore) itu belumlah cukup.

Karena saya kira apa yang saya lakukan sudah cukup ternyata salah besar (sangat besar), yaitu saya tidak sikat gigi sebelum tidur;

Inilah yang menyebabkan karang gigi terus menebal dan menumpuk.

Proses dalam pembersihan karang gigi menurut apa yang saya alami beberapa waktu adalah menggunakan bor yang biasa digunakan untuk menambal gigi (saya tahu, karena saya sudah beberapa kali melakukan tambal gigi).

Alat yang digunakan scaling ada 2, sebelum di bor dikasih cairan dulu untuk membersihkan karang sama dokternya (cairan tersebut hanya di oleskan ke gigi), setelah itu baru dibor mana yang ada karangnya, kebetulan karang gigi yang saya punyai cuma pada gigi depan bagian bawah dan tumbuh subur di sela-sela gigi.

Jadi dokter melakukan pengeboran pada karangnya biar lepas, setelah itu ada alat berbentuk besi yang ujungnya kecil digunakan untuk mengambil dan membersihkan karang gigi yang berada di sela sela gigi.

Apa melakukan scaling merasakan sakit? Cuma ngilu dan tidak sakit, malah lebih sakit ditinggal oleh seseorang pas kita lagi sayang-sayangya. Wkwkwk

Saat proses pembersihan saya sering di suruh kumur menggunakan air biasa, yang tujuannya biar karang yang sudah lepas pada gigi dan masih berada di mulut menghilangkan dibawa oleh air kumur tersebut.

Waktu proses pembersihan tergantung dengan tingkat kesulitan dan banyaknya karang, kalau yang saya alami kemarin kira kira sekitar 15-20 menitan aja kok, cepat kan! Karena memang karang gigi yang saya punya hanya pada gigi depan bagian bawah.

Setelah karang gigi dibersihkan, pada gigi saya terdapat sedikit rongga, hal itu karena di susupi karang. Efek lainnya gigi kita keliatan mengecil.

Untuk biaya bervariasi, namun menurut pengalaman saya kemarin di dokter habis sekitar 150rb aja, kalau kamu punya BPJS bisa kok dimanfaatkan, karena beberapa dokter ada yang menerima dan ada juga yang menolak layanan BPJS kamu bisa cari yang menerima atau di puskesmas terdekat.

Ooiya jika kamu punya karang gigi sebaiknya segera di bersihkan, jika dibiarkan terus akan merusak gigi dan melukai gusi, karena ketika plak nya menebal akan mengikis gusi, alhasil ketika karang dibersihkan maka gigi kita akan terlihat panjang-panjang, gamau kan ? Makanya lakukan minimal 1 taun sekali kita ke dokter gigi untuk periksa, alangkah lebih baiknya lagi kalau 6 bulan sekali.

dan perlu diingat jangan lupa merawat kesehatan gigi kita dengan baik ya, salah satunya, sikat gigi menjelang tidur.

Jika ada pertanyaan bisa tulis pada kolom komentar.

Refrensi: blogspot.com

pengalaman scaling gigi di puskesmas biaya scaling gigi di puskesmas biaya membersihkan karang gigi di puskesmas 2018 lama scaling gigi biaya membersihkan karang gigi 2018 biaya scaling gigi di jogja biaya scaling gigi di puskesmas 2018 biaya scaling gigi di puskesmas 2018 biaya membersihkan karang gigi di puskesmas 2018 biaya memutihkan gigi di puskesmas biaya membersihkan karang gigi di puskesmas 2017 biaya scaling gigi di jogja biaya membersihkan karang gigi 2018 harga scaling gigi di bandung harga bleaching gigi di puskesmas 2017

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar