Pengalaman Mengandung dan Melahirkan Anak Kembar Secara Normal

Bagaimana bunda rasanya setelah tahu bahwa anak yang bunda kandung adalah anak kembar?? wow rasanya sulit diungkapkan. begitu juga denganku yang tahu ketika usia kehamilan 7 bulan. saat ini zahwa dan zahra sudah memasuki usia 6 bulan. lumayan legaaa rasanya… hehe ^_^

Jangan khawatir atas kehamilan kembar yang bunda alami,,, buktinya saya dulu ” DENGAN SUKSES” bisa melahirkan anak kembar dengan NORMAL dan tanpa rasa sakit yang amat sangat kog ( karena menurutku jauh lebih sakit waktu di jahitnya daripada melahirkannya bund,,,). kata orang-orang, proses melahirkanku tergolong GANGSAR, karena tanda-tanda akan melahirkannya mulai terasa pukul 00.00 alias tengah malam, dan zahwa dan zahra lahir pada pukul 04.03 dan 04.05 subuh. ALHAMDULILLAH

Ini adalah foto Zahwa dan Zahra ketika baru lahir :

Pengalaman Mengandung dan Melahirkan Anak Kembar Secara Normal
Zahwa dan Zahra

Zahwa dan Zahra lahir di minggu ke 38  tepat bunda, dengan bobot lahir masing-masing 2,25 kg dengan 2,1 kg. cukup kecil memang, namun itu normal bagi anak kembar.

Berikut ini ada tips untuk calon bunda yang sedang hamil anak kembar berdasarkan pengalaman pribadi:

  1. Jangan mudah percaya pada banyak mitos mengenai banyak hal mengenai kehamilan. misalnnya:jangan minum air es, nanti saat melahirkan darahnya banyak. -> kata siapa? buktinya dulu saat hamil, tiap hari aku minum es (es oyen dan es degan dll), tapi nggak terbukti tuh.
  2. Jangan dengarkan omongan negatif orang lain yang bilang ” Wah, hamil kembar? pasti nanti operasi”. omongan seperti itu anggap saja setan sedang ngomong, enak saja doakan orang operasi…. >,<
  3. Hamil kembar menurutku pasti jauh lebih stres dibandingkan dengan yang isi perutnya 1. karena masa trimester terakhir kita diuji dengan banyak hal, misalnya berat badan yang mencapai pada puncaknya,, (hehe, aku dulu naik 16kg soalnya). sedangkan baju semuanya sudah tidak ada yang muat, sedangkan banyak undangan pernikahan dan acara-acara lain. atau mungkin banyak masalah yang lain, seperi menjadi susah tidur, susah berdiri, susah melakukan pekerjaan apapun sehingga kita mudah bosan kalau diam, namun aktifitas kesulitan. saran saya, sediakan banyak cemilan seperti cokelat dan susu atau cemilan kesukaan anda. konon, cokelat dapat meringankan stres yang berlebihan. juga buku bacaan.
  4. Persiapkan kebutuhan melahirkan lebih awal. karena rata-rata kehamilan kembar melahirkan lebih awal. (normal = 40 minggu, kembar 2 = 38 minggu, kembar 3 = 36 mminggu)
  5. sebaiknya melahirkan di rumah sakit dan ditangani oleh dokter secara langsung.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan menjelang Persalinan

  • biar lebih hemat, membeli perlengkapan bayi sebelum persalinan. karena kalau membeli di dalam rumah sakit biasanya jauh lebih mahal. kebutuhan yang paling inti dibutuhkan saat bersalin misalnya:
  •  Buat si kembar : 2 botol susu, perlengkapan baju bayi, grita bayi, sarung tangan dan kaki, topi, selimut bayi, gedong bayi, popok bayi, dll
  • Buat Ibu : susu ibu menyusui, baju ganti untuk setelah melahirkan, sarung wanita (jawa: sewek) supaya jalannya lebih mudah, grita dewasa / bisa juga diganti dengan bengkung. sabun dan perlengkapan mandi.

Mental dan pikiran yang positif sangat amat diperlukan. Allah telah menyediakan “jalan lahir” yang tepat untuk seorang wanita yang hendak melahiran. tentunya itu yang terbaik, lebih cepat sembuh, tanpa resiko, tanpa perlu banyak minum obat pasca melahirkan, di kehamilan berikutnya nanti lebih besar kemungkinan untuk melahirkan secara normal lagi dan banyak keuntungan lainnya. Pada intinya, jangan terburu-buru melakukan operasi.

Sekian dulu dari saya bun,,, lain kali saya akan posting lebih banyak lagi… dan jangan lupa untuk memberikan komentar, saran, kritik, maupun pertanyaan ya…  saya tunggu kabar baik dari bunda semua.

Sumber referensi: http://izzagoffar.blogspot.com/2013/05/hamil-dan-melahirkan-anak-kembar-secara.html

Incoming search terms:

  • pengalaman hamil kembar 3

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar