Memulai Berwirausaha dengan Waralaba

Waralaba merupakan sebuah format bisnis yang dilakukan dengan cara memberi lisensi dari sebuah merk dagang dimana pembeli waralaba akan mendapatkan bimbingan secara terus menerus dari pemberi waralaba hingga mampu menjalankan bisnis. Pembeli waralaba dapat menggunakan seluruh sumber daya dalam rangka menjalankan usahanya.

Format bisnis ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat hingga kemudian diikuti oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Bisnis jenis ini sangat bermanfaat bagi para pemula yang ingin menjajal berbisnis namun tidak cukup kreatif serta minim pengalaman.

Beberapa waralaba yang banyak ditawarkan

Berbisnis menjadi pilihan banyak orang dalam rangka meningkatkan nilai kekayaannya di masa yang akan datang. Namun demikian, tidak semua orang memiliki kreatifitas dalam menciptakan sebuah produk ataupun membaca peluang pasar. Sehingga dengan adanya bisnis waralaba ini menjadi solusi bagi banyak orang yang tertarik terjun sebagai wirausahawan.

Berikut ini adalah daftar beberapa usaha yang sekaligus menawarkan waralaba diantaranya:

  1. Laundry
  2. Air minum isi ulang
  3. Pom mini
  4. Jasa kirim atau ekspedisi
  5. Berjualan crepes dan waffle
  6. Membuka tempat bimbingan belajar
  7. Berjualan es krim dan minuman yang kekinian
  8. Bisnis kedai kopi
  9. Berjualan ayam goreng crispy

 

Keuntungan berbisnis dengan waralaba

Banyak orang ingin memulai usaha namun tidak memiliki banyak modal dan takut untuk mengajukan hutang ke bank, disebabkan kendala tersebut mereka memilih menyerah untuk membuka usaha. Namun saat ini telah banyak bisnis waralaba yang bisa menjadi solusi dalam membuka sebuah usaha, dengan harga yang masih terjangkau. Berbagai keuntungan akan anda peroleh saat menjalankan bisnis dengan sister ini yaitu:

  • Memperoleh bimbingan bisnis

Saat bergabung dalam sebuah sistem bisnis waralaba, anda mendapatkan hak untuk memperoleh bimbingan berupa pelatihan ketrampilan yang akan sangat bermanfaat dalam menjalan usaha. Bimbingan tersebut meliputi cara pengoperasian bisnis, teknik pemasaran dan beberapa teknik dalam upaya meningkatkan omzet

  • Memiliki tingkat keberhasilan lebih besar

Berbisnis adalah aktivitas yang penuh risiko serta berpotensi menanggung banyak kerugian. Faktor yang menjadi penyebab kegagalan sebuah bisnis adalah ketidakmampuan membaca pasar, banyaknya pesaing, serta kurangnya pengalaman. Namun jika menggunakan bisnis waralaba anda akan mendapatkan dukungan operasional, manajemen yang solid, merk dagang yang sudah dikenal masyarakat, serta proses pemasaran yang lebih mudah. Faktor tersebut akan berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis.

  • Kendali mutu terhadap kualitas produk dan layanan

Mutu produk dan kualitas pelayanan yang disuguhkan kepada konsumen harus mengikuti aturan dan sistem yang ada pada waralaba sehingga tidak perlu repot-repot memperkenalkan produk kepada konsumen

  • Dapat memilih waralaba berdasarkan minat

Ada berbagai jenis waralaba yang ditawarkan mulai dari makanan, minuman, bimbingan belajar, dsb dengan harga mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Anda tinggal menyesuaikan minat yang anda miliki dengan waralaba yang ingin anda beli, sebab bisnis yang dijalankan berdasarkan minat akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.