Melihat Sisi Positif dari Bonus Demografi di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga setelah China dan Rusia. Selain itu, Indonesia juga salah satu daerah dengan bentuk kepulauan yang sangat luas.

Pasalnya, Indonesia bukanlah termasuk negara maju padahal memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Banyak dari SDA Indonesia yang tidak dapat dikelola secara maksimal melainkan terbengkalai.

Terlebih lagi, Indonesia juga memiliki rasio rendah untuk tingkat pekerja. Banyak masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan pada usia seharusnya. Padahal, jika dibandingkan dengan SDA dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang banyak, Indonesia bisa menjadi negara maju.

Bonus Demografi di Indonesia
Apa itu bonus demografi? Indonesia memiliki kelebihan SDM yang bisa digunakan di negeri sendiri. Penggunaan tenaga kerja lokal dapat meningkatkan pemasukan negara.

Sebagai contoh, banyak usaha individual seperti UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang mengguanakan masyarakat lokal sebagai pekerja utama. Sasarn utama adalah ibu rumah tangga yang tidak bekerja.

Nah, kelebihan pekerja ini merupakan anugerah dari Tuhan agar dapat digunakan dengan semaksimal mungkin. Apabila penggunaan tenaga kerja lokal meningkat, maka tingkat pengangguran di Indonesia akan banyak berkurang.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Bonus Demografi?

Bonus demografi di Indonesia memiliki tingkatan tersendiri. Maksudnya, tidak semua pekerja lokal mampu melakukan segala pekerjaan. Sehingga sudah ada kriteria dan syarat tertentu untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Sebagai contoh yaitu penyintas disabilitas. Dapat dibedakan bahwa orang disable dan difabel memiliki perbedaan yang signifikan walaupun masih dalam kategori yang sama.
Difabel merujuk pada seseorang yang masih memiliki kemampuan beraktivitas namun dalam ukuran yang tidak sama dengan orang lainna. Difabel juga belum tentu masuk dalam kategori disable.

Oleh sebab itu, banyak peluang pekerja difabel yang bisa melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keterbatasan yang dimiliki. Tak hanya itu, upaya untuk mengerahkan seluruh usia produktif harus benar-benar dilakukan.

Seperti halnya mayora indah adalah perseroan yang menggunakan masyarakat lokal sebagai pekerja. Pemanfaatan bonus demografi ini lah yang dimaksud dapat mengembangkan kualitas pekerja maupun perekonomian Indonesia.

Laporan tentang pengembangan sosial dan kemasyarakatan oleh mayora indah dapat dilihat pada situs mayoraindah.co.id . Terdapat laporan lengkap kegiatan dan produk yang dapat diakses.