Manfaat Pare Untuk Jantung

Hampir seluruh penduduk Indonesia mengenal sayuran yang bernama pare atau peria ini. Buah pare memiliki ciri khas rasanya yang pahit, namun dibalik rasa pahit tersebut terdapat beragam khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Perlu anda tahu, menurut penelitian menyebutkan bahwa buah pare atau peria mengandung zat albuminoid, karbohidrat, pigmen, phyto nutrient, asam folat, serat, vitamin A, B12, C, E, B1, B2, B3, B6 dan K, kalsium, zat besi, magnesium, zink, fosfor, natrium, kalium dan kalsium.

Dengan adanya beragam kandungan tersebut membuat tanaman pare ini memiliki nilai lebih, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu penyebab terjadinya gangguan pada jantung adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pare memiliki khasiat baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal itu dikarenakan dalam buah pare terdapat kandungan asam amino yang sering disebut sebagai citruline.

Citruline ini dapat membantu meningkatkan nitrat oksida dan vitamin C dalam tubuh. Nitrat oksida ini memiliki fungsi dalam mempercepat pembuangan oksigen aktif dan membuat oksida nitrat berada di dalam pembuluh darah lebih lama.

2. Melebarkan arteri

Magnesium yang terkandung di dalam buah pare bebsifat anti stres, yang berguna membantu melebarkan arteri, menurunkan tekanan darah sekaligus membantu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol tinggi juga menjadi salah satu faktor penyebab gangguan pada jantung. Kandungan yang terdapat dalam buah pare daoda menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol HDL yakni kolesterol baik, sehingga konsumsi sayuran ini secara teratur sangat disarankan oleh para ahli.

4. Menangkal radikal bebas

Karena pare merupakan sayuran sumber antioksidan tinggi, jadi konsumsi buah pare secara teratur akan membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, pare juga bisa mencegah peradangan yang terjadi dalam tubuh, dengan cara menurunkan oksidasi dan mencegah terjadinya pencemaran pada organ jantung serta melancarkan kesehatan arteri dan meningkatkan fungsi jantung.

5. Mengeluarkan racun dalam jantung

Jika racun semakin menumpuk dalam pembuluh darah, maka bisa menimbulkan masalah pada jantung. Namun, kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam pare memiliki peran sangat penting, salah satunya mengeluarkan racun dalam tubuh penyebab penyakit jantung.

6. Menurunkan stress berlebihan

Ini seperti halnya pada nomor 2 diatas, ketika seseorang mengalami stress  dengan tingkat terlalu tinggi, hal ini bisa meningkatkan hormon kortisol dan adrenalin dalam tubuh, hormon inilah yang berperan meningkat kadar gula darah (diabetes militus) dan membuat pembuluh darah menjadi keras sehingga menyebabkan berbagai gangguan jantung.

Tapi jangan khawatir… Karena dalam buah pare terkandung sifat anti stress, dengan konsumsi buah ini kamu akan merasakan efek relaksasi sehingga stress yang kamu alami menurun.

7. Mengatasi rasa lelah

Kaya kandungan mineral dan antioksidan dan vitamin pada pare membuat buah yang satu ini ampuh dalam mengatasi lelah, sehingga akan meningkatkan fungsi jantung.

8. Mencegah aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan suatu kondisi dimana terjadi pengerasan pada arteri karena penumpukan racun lemak dan beberapa unsur lainnya sehingga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, stroke, dan membuat jantung bekerja extra. Kandungan yang terdapat dalam pare bisa mencegah terjadinya aterosklerosis serta meningkatkan kerja jantung.

9. Mencegah jantung koroner

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit paling mematikan bahkan banyak yang menganggap sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Hal ini terjadi karena terdapat penyumbatan pada aliran darah yang diakibatkan oleh penumpukan lemak dan kolesterol di dinding pembuluh darah.

Pare yang tinggi akan vitamin, mineral, antioksidan dan serat berperan penting dalam mencegah pengendapan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Itulah informasi mengenai khasiat buah pare untuk kesehatan jantung, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Terimakasih

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar