Manfaat Mentimun Untuk Hipertensi

Mentimun atau dalam bahasa Inggris (Cucumis stativus) adalah tanaman merambat yang mempunyai sulur dahan berbentuk spiral.

  • Daunnya betangkai panjang, bentuknya lebar bertaju dangan pangkal berbentuk jantung, ujungnya runcing dan tepi bergigi.
  • Batangnya berbulu halus, bunganya yang jantan berwarna putih kekuningan dan yang betina berbuntuk seperti terompet, buahnya bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya hijau berlilin putih dan setelah tua warnanya kuning kotor. Panjang buahnya sekitar 10-30 cm pangkalnya berbuntil.
  • Bijinya banyak, bentuknya pipih lonjong meruncing dan warnanya putih kotor.

Mentimun memiliki beberapa jenis yamg berbeda, antara lain watang ,turus, suri, dan, krai.

Mentimun mulai di budidayakan di kawasan asia selatan sejak tahun 1700 M. Memtimun dapat timbtu dengan baik bila lingkungan disekitar nya memiliki kelembapan udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan sinar matahari punuh dengan drainase yang baik. Lingkungan seperti itu biasanya terdapat didaerah perbukitan ataupun pegunungan yaitu 1300m diatas permukaan laut.

Sejak dahulu mentimun telah digunakan untuk kesehatan, dimulai dari orang romawi kuno yang menggunakanya untuk mengobati gigitan kalajengking dan mengompres mata yang lelah.

Sedangkan…

Penduduk asia, meminum jus timun untuk menyejukan tubuh di musim panas. Maklum, mentimun punya efek mendinginkan yang sangat baik. Oleh sebab itu, ada ungkapan “cool as a Cucumber”.

Menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. (1981), dalam setiap berat 100 gr timun terdapat kandungan zat gizi berikut ini ;

NO KANDUNGAN KIMIA NILAI
1 Kalori 12,00 kalori
2 Protein 0,70 g
3 Lemak 0,10 g
4 Karbohidrat 2,70 g
5 Kalsium 10,00 mg
6 Fosfor 21,00 mg
7 Zat besi 0,30 mg
8 Vitamin A 0 sl
9 Vitamin B1 0,03 mg
10 Vitamin C 8,00 mg
11 Air 96,10 g
12 Bahan dapat di makan 70,00 %

Kandungan mineral pada mentimun adalah potassium, magnesium, kalium,zat besi, dan fosofor ini sangat baik sebagai obat penurun darah tinggi alami.

Di bidang kesehatan, buah mentimun sangat baik digunakan untuk menurunkan tekanan darah pada para penderita penyakit hipertensi, menyembuhkan keracunan saat hamil, dan membuang racun melalui urine. Menurut Ir. Budi Samadi, 2002.

Mengonsumsi mentimun juga dapat menurunkan berat badan dan kadar lemak dalam tubuh (kolesterol) karena mentimun mengadung rendah kalori dan kaya akan serat.

Selain itu, mentimun juga mengandung asam manolat yang berguna dalam mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

Adakalanya saat konsumsi mentimun berasa pahit. Rasa pahit tersebut berasal dari saponin, yaitu senyawa vitokimia yang terdapat dalam lendir mentimun.

Meskipun pahit, saponin ini memiliki peran sebagai anti kanker, menurunkan kolestrol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mentimun juga bermanfaat untuk  detektifikasi.kandungan air yang sangat tinggi (hingga 90%), membuat mentimun memiliki efek diuretic (memperlancar buang air kecil), membantu menghilangkan dan menetralkan toksin (racun), serta membantu menggelantarkan bakteri di sepanjang usus dan diding kandung kemih.

Kandangan air dan mineral kalium yang super tinggi dalam mentimun juga dapat mengeluarkan asam urat system metabolism berlebih melalui urine.

Sekadar menambah wawasan, asam urat berlebihan di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk di persendian sehingga menyebabkan penyakit arthritis atau radang sendi. Sedangkan metabolism berubah menjadi garam mineral yang menumpuk di saluran kemih dan membentuk batu ginjal.

Alasan itulah, penderita artitis dan batu ginjal disarankan untuk makan mentimun teratur setiap hari.

Lantas bagaimana cara mengolah mentimun yang benar agar khasiat yang didapat lebih maksimal serta tidak menimbulkan efek samping dan bayaha.? Berikut 4 cara membuat jus untuk penderita hipertensi;

  1. Dua buah mentimun segar (150-200 gram) dicuci bersih lalu diparut, hasil parutannya diperas dan disaring. Lalu minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.
  2. Mentimun secukupnya dijus hingga tertampung 200 cc, lalu diminum.
  3. Daun buah mentimun agar dicuci bersih selalu diparut. Hesil parut diperas dan di saring lalu diminum sekaligus lakukan 2-3 hari.
  4. Buah mentimun secukupnya potong kecil-kecil, dibllender untuk menghasilkan jus yang segar, lalu diminum.

Note: jika ribet dalam membuatnya menjadi jus, anda juga mengkonsumsinya secara langsung.

Sekadar tips, saat anda makan mentimun kukulitn jangan dikupas karena serat kasar pada kulit timun dapat membantu menurunkan berat badan.

Demikian itu manfaat mentimun untuk menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat, yang dapat sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar