Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi

Labu kuning mengandung beragam jenis nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan bayi, dengan menjadikan labu ini sebagai MPASI

MPASI atau makanan pendamping ASI sebaiknya bunda kenalkan pada bayi mulai usia bayi 6 bulan. Karena pada usia 6 bulan ini, bayi membutuhkan banyak nutrisi dan gizi untuk menunjang pertumbuhannya agar lebih optimal. Bunda bisa mendapatkan tambahan nutrisi tersebut dari buah atau sayuran yang memang diperuntukkan bagi bayi.

Makanan bayi tentu berbeda dengan makanan orang dewasa, mulai dari jenis, rasa hingga tekstur makanan untuk si buah hati harus benar-benar diperhatikan, mengingat sistem pencernaan pada bayi masih belum sempurna.

Ada banyak pilihan bahan yang bisa dijadikan makanan sehat sebagai MPASI untuk bayi, dimana salah satunya yaitu labu kuning.

 

Menurut data dari USDA Food Composition yang diperoleh dari buah hasil penelitian, terdapat kandungan vitami A, C, karetenoid atau betakaroten, kalium dan zat besi, yang berguna mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.

Berikut manfaat labu kuning untuk bayi di setiap kandungannya ;

1. Vitamin A & Betakaroten

Betakaroten merupakan warna kuning pada labu, kandungan ini akaa berubah menjadi vitamin A bila dicerna dalam perut bayi. Kita tentu sudah tahu kalau vita A sangat baik untuk tubu yaitu untuk menjaga kesehatan mata, kulit, serta membantu reproduksi dan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Selain itu, kandungan ini juga memiliki fungsi sebagai antioksidan, yang tujuannya membantu mengurangi risiko terjadinya kanker serta penyakit jantung di kemudian hari.

2. Zat Besi

Kandungan Zat besi pada labu sangat diperlukan tubuh bayi untuk proses pembentukan darah, terutama hemoglobin.

3. Vitamin C

Dari hasil penelitian yang dilakukan USDA jiga menyebutkan labu kuning mengkandung vitamin C yang berfungsi membantu proses metabolisme tubuh.

Selain itu, vitamin C berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan antioksidan si buah hati.

4. Kalium

Kandungan kalium pada labu kuning juga berperan sama halnya dengan vitamin C yaitu menunjang proses metabolisme tubuh agar tetap optinak dan lancar. Hal ini bertujuan menjaga keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh si kecil.

Cara mengolah labu kuning menjadi bubur

Bahan;

  • 100 gram labu kuning
  • 300 ml kaldu ayam, jika tidak ada cukup gunakan air bersih.
  • 100 bayam hijau
  • 50 gram tahu putih

Cara membuat;

  1. Pertama langkah yang harus anda lakukan yaitu cuci bayam hingga bersih. Jika sudah, tiriskan menjadi bagian kecil-kecil.
  2. Potong tahu putih berukuran kecil.
  3. Kupas kulit dan bersihkan labu kuning.
  4. Rebus labu kuning bersama tahu dan bayam menggunakan air kaldu ayam, tunggu hingga matang.
  5. Biarkan hingga dingin atau hangat.
  6. Kemudian, haluskan dengan blender. Jika sudah, anda dapat memberikannya untuk si kecil.

Wah, selain mudah dalam pembuatannya ternyata ada banyak sekali manfaat labu kuning bagi tumbuh kembang si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan bunda.!

<div style=”border: 0px; overflow: auto; width: 100%; height: 0px; text-align: justify; background:transparent;“>mpasi labu kuning 7 bulan efek samping labu kuning untuk bayi resep labu kuning untuk bayi 9 bulan resep labu kuning untuk bayi 10 bulan resep labu kuning untuk bayi 1 tahun manfaat labu kuning kukus manfaat labu siam untuk bayi bubur labu kuning untuk bayi 8 bulan</div>

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar