Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Hipertensi

Karena perkembangan zaman, banyak yang menciptakan inovasi dalam pembuatan makanan unik dan memiliki rasa yang enak. Namun, tak sedikit dari makanan tersebut justru menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya hipertensi.

Hipertensi adalah suatu penyakit kardiovaskular, dimana terjadi peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik 90 mmHg. Gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat menjadi faktor utama meningkatnya tekanan darah.

Hipertensi bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia, mulai dari dewasa, tua ataupun lansia. Namun sekarang, anda tak perlu khawatir lagi, sebab masalah hipertensi dapat diatasi dengan terapi daun seledri.

Seledri (Apium graveolens) mempunyai kandungan zat yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah.

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Fitria dan Saputra 2016, dalam seledri seberat 100gram terkandung flavonoid, saponin, tanin 1%, minyak atsiri 0,033%, flavo-glukosida, apigenin, fitosterol, kolin, lipase, pthalides, asparagine, zat pahit, vitamin (A, B dan C), apigenin dan alkaloid.

Sedangkan…

Dalam jurnal Khasiat Daun Seledri (Apium graveolens) Terhadap Tekanan Darah Tinggi pada Pasien Hiperkolestrolemia, dijelaskan bahwa daun seledri memiliki kandungan apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan phthalides yang dapat mengendurkan otot-otot arteri atau merelaksasi pembuluh darah.

Lantas bagaimana cara mengolah seledri untuk mengatasi hipertensi.? Berikut tahapan cara membuat jus seledri yang benar agar hasilnya lebih maksimal dan tidak menimbulkan efek samping ataupun bahaya;

  • Potong-poton belimbing dan mentimun, jangan lupa buang bijinya.
  • Masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan 100 ml air matang, blender halus.
  • Masukkan daun seledri, es batu dan madu sebagai pemanis jus.
  • Blender lagi hingga halus. Segera minum selagi dingin.

Dosis atau aturan minum jus seledri untuk pengobatan hipertensi adalah 2 gelas dalam sehari yaitu pagi dan sore hari.

Tunggu, ada lagi nih.!

Selain itu… seledri juga dapat dijadikan sebagai jus seledri untuk diet menurunkan berat badan. Sebab kandungan serat dalam seledri yang cukup tinggi, akan membuat lambung membutuhkan waktu lama untuk mencerna sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Adapun cara memanfaatkan seledri untuk menurunkan berat badan berikut ini:

  • Potong-potong buah apel lalu masukkan ke dalam blender bersama seledri dan jahe.
  • Haluskas, saring jus.
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon, aduk-aduk jus seledri dan jeruk nipis agar tercampur rata.
  • Lalu segera diminum.

Kesimpulannya…

Sehat tak perlu lagi dengan cara yang mahal, cukup dengan mengatur pola makan dan pola hidup sehat kita akan mendapatkan kesehatan.

Masih nunggu apalagi.? Segera masukan jus seledri dalam menu makan harian anda.

Note; jika anda tidak terbiasa minum jus mentah, anda bisa merebusnya sebentar saja, tunggu rebusan tersebut dingin, setelah itu anda bisa langsung meminum nya ketika masih hangat atau menambahkan es supaya lebih segar.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar