Manfaat Daun Ciplukan Untuk Hipertensi

Di tahun 90an tanaman ini sangat populer di masyarakat Indonesia khususnya anak-anak, namun seiring perubahan zaman tanaman ini mulai sulit ditemukan bahkan tak sedikit beranggapan kalau tanaman ini sebagai tanaman liar tidak bermanfaat.

Padahal…

Setiap bagian dari tanaman ini memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh, mulai dari akar, batang dan hingga buahnya.

Setelah dilakukannya studi penelitian yang menyimpulkan bahwa daun ciplukan dapat digunakan untuk berbagai macam obat, salah satunya adalah obat hipertensi atau menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebenarnya ada berbagai manfaat lainnya lagi, antara lain untuk mengobati diabetes, mengobati borok, mengobati paru-paru bahkan dapat pula digunakan untuk mengobati ayan.

Tapi dikesempatan kali ini saya hanya membagikan tips mengkontrol tekanan darah dengan daun cuplikan, berikut cara mengolahnya dengan benar:

  • Siapkan ramuan kurang lebih 5 gram atau beberapa lembar saja.
  • Setelah itu cuci daun ciplukan sampai bersih.
  • Setelah bersih, rebus dengan air sekitar 110 ml.
  • Diamkan selama 10 menitan saja, kira-kira sampai air tersisa ½ .
  • Matikan dan tunggu beberapa menit sampai air agak dingin.
  • Siapkan kain steril untuk menyaring air rebusan ini.

Aturan minum adalah 2 kali dalam sehari yaitu pagi setelah bangun tidur dan malam menjelang tidur.

Bagaimana mudah kan.? Ayo dicoba.

Demikian informasi mengenai manfaat daun cuplikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dalam waktu singkat. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar