Manfaat Daun Ciplukan Bagi Bayi

Kita semua pastinya sudah tau, jika sistem imun (kekebalan tubuh) bayi masih belum sempurna, maka tak heran bila anak-anak sangat rentan terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus seperti gatal-gatal, batuk, radang dan lain sebagainya.

Untuk itu bunda harus sigap dalam menangani masalah-masalah yang sedang terjadi pada si buah hati. Agar penyakit yang diderita tidak mengganggu tumbuh kembang si kecil.

Daun ciplukan bisa bunda jadikan alternatif. Pasalnya selain murah dan mudah dalam pemakaian, ramuan alami ini terbilang sangat aman, meski diaplikasikan pada kulit bayi yang sensitif.

“Karena rasanya yang pahit, harus diperhatikan dosis dalam penggunaannya. Agar pahitnya tidak terasa terus-menerus” jelas dr.Setiawan Dalimartha, pakar tanaman obat yang juga praktek melayani pasien dengan metode herbal.

Note: bisa menambahkan gula aren untuk mengurangi rasa pahitnya.

Menurut dr.Setiawan menambahkan, Ciplukan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, borok, dan peradangan kulit. Hanya dengan cara dihaluskan lalu mengoleskannya langsung ke bagian yang perlu diobati.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ir. W.P.Winarto, pemilik Kebun Tanaman Obat Karya Sari di kawasan Pondok Cabe, Tangerang. Menurutnya, Ciplukan tidak mengandung racun. Karena rasanya yang pahit, rata-rata mereka yang meminum menganggap sama dengan meminum obat modern, yang umumnya pahit.

“Hal ini memang suatu hal yang wajar. Namanya obat pasti rasanya pahit. Tetapi, pengaruh dari ramuan ini tidak akan mengganggu fungsi kerja organ tubuh kita. Misalnya ginjal,” jelas Winarto dengan gamblang.

Manfaat lain dari konsumsi rebusan air daun ciplukan bagi bayi antara lain:

  1. Menyehatkan
  2. Obat asma alami
    Mengobati penyakit kurap
  3. Menurunkan demam
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi
  5. Membersihkan kencing kotor
  6. Menghilangkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir
  7. Menyadarkan orang pingsan
  8. Menambah kecerdasan
  9. Penawar racun

Demikianlah informasi mengenai manfaat minum atau mengoleskan rebusan air daun ciplukan bagi kesehatan bayi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Incoming search terms:

  • Boleh kah bayi makan buah ciplukan

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar