Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Untuk Daerah Kewanitaan

Daun sirih memang telah dikenal secara turun temurun sebagai sahabat daerah kewanitaan.

Bahkan banyak produk pembersih kewanitaan yang dijual bebas di Indonesia memasukkan ekstrak daun sirih kedalamnya.

Hal itu bukanlah tanpa alasan

Menurut Dr.Irmanida Batubara dari tim Pusat Studi Biofarmaka Tropika Institut Pertanian Bogor, daun sirih memiliki kandungan baktariosit yang berguna menghambat pertumbuhan bakteri. Hasil penelitian menunjukkan, daun sirih memiliki sifat MIC (minimum inhibitory concentration) atau konsentrasi hambat minimum.

“Harus dibedakan antara baktariosit dengan bakterisidal. Bakterisidal adalah kemampuan membunuh bakteri dan cairan antiseptic bakterisidal ini, sangat tidak disarankan bila digunakan untuk membersihkan vagina. Karena dapat memusnahkan semua bakteri, termasuk bakteri baik,” ucap Dr.Irmanida.

Bakteri baik pada vagina, justru sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan area keintiman.

“Jadi yang harus dilakukan adalah mengendalikan jumlah bakteri yang merugikan” ujar Irma dalam acara temu media.

Tak berhenti sampai disini

Kandungan minyak atsiri pada daun sirih merupakan bioaktif yang berperan sebagai anti-bakteri dan anti-jamur.

Salah satu penyebab utama terjadinya keputihan pada wanita adalah kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik.

“Pemicu awal keputihan adalah kondisi organ intim yang lembab, sehingga menjadi media yang baik untuk jamur dan bakteri berkembang biak” kata dr.Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara.

Ia juga menambahkan, dalam membersihkan area kewanitaan sebaiknya tidak menggunakan sabun, karena sabun memiliki sifat basa. Lebih baik menggunakan air biasa atau cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai” kata Bonti.

Salah satu produk pembersih yang menggunakan bahan baku daun sirih adalah Resik V Godokan Sirih dari PT Kino Tbk.

“Produk ini dibuat secara tradisional, bahan utamanya adalah rebireb daun sirih asli, sebagai solusi untuk memelihara kebersihan organ intim dan menjaga keputihan,” kata Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk, Yuna Eka Kristina.

Ia juga menambahkan, karena murni terbuat dari daun sirih, produk ini sangat aman bila digunakan setiap hari, terutama saat haid.

“Uji klinis menunjukkan daun sirih terbukti mampu menghambat bakteri jahat. Sedangkan hasil uji mikrobiologi 100 persen dapat menghambat perkembangan jamur penyebab keputihan. Selain itu, produk Resik V Godokan Sirih juga dapat menjaga PH normal area kewanitaan yaitu antara 3-4, serta menjaga keseimbangan flora normal,” kata Yuna.

Cara mengolah daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan

Bagi anda yang ingin membuat ramuan daun sirih sendiri, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini;

  • Rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air.
  • Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.
  • Keringkan dengan tisu atau bahan halus dan steril.

Bagaimana mudah bukan? Silahkan dicoba.

Demikian informasi tentang manfaat air rebusan daun sirih untuk daerah kewanitaan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

manfaat rebusan daun sirih bila diminum cara membersihkan area v dengan daun sirih efek samping cebok pake daun sirih manfaat daun sirih untuk organ intim wanita khasiat uap daun sirih cara merebus daun sirih untuk cebok cara membersihkan miss v dengan daun sirih efek daun sirih untuk rahim

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar