Khasiat Putri Malu Untuk Diabetes

Putri malu merupakan tanaman unik, dimana ketika daunnya disentuh, secara otomatis akan langsung menutup dengan sendirinya, maka tak heran bila tumbuhan ini dikenal sebagai “Tanaman Sensitive”.

Di Indonesa, tumbuhan ini dianggap tanaman liar tak berguna, tapi di salah satu negara wilayah Amerika Selatan yaitu Brasil, tumbuhan Mimosa ini sering dimanfaatkan sebagai alternatif alami untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini telah dibuktikan dari studi penelitian menunjukkan, kadar gula darah pada tubuh hewan tersebut langsung menurun setelah diberikan ramuan putri malu.

Hal itu tak lain, karena dalam putri malu menyimpan kandungan mimosin, tanin, asam pipekolinat, kloroform dan beberapa kandungan lainnya, bahkan para ahli sepakat jika ekstrak tanaman ini dapat mengobati diabetes serta menurunkan risiko terjadinya komplikasi.

Baca juga: manfaat daun putri malu untuk pria

Berikut manfaat lain dari ramuan ekstrak putri malu ini ;

1. Menyembuhkan luka penderita diabetes

Putri malu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada penderita diabetes. Berdasarkan hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang.

Terdapat kandungan kloroform pada putri malu, yang berfungsi menyembuhkan luka yang dialami penderita diabetes.

2. Menjaga kesehatan hati penderita diabetes

Dari hasil studi penelitian juga menyebut, minum rebusan putri malu dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga organ hati bisa terlindungi dari racun berbahaya dan berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Menghentikan pendarahan dan infeksi

Kandungan senyawa tanin dan antioksidan pada putri malu dapat membantu menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko terjadinya infeksi.

4. Mengatasi memam

Kandungan dalam putri malu cukup ampuh dalam mengontrol suhu tubuh agar tetap normal sehingga demam dan panas bisa diturunkan dengan cepat.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan mikronutrien seperti tembaga, magnesium, seng, zat besi dan mangan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Melancarkan saluran kemih

Air rebusan putri malu berfungsi sebagai diuretik alami dan anti-bakteri sehingga akan melancarkan saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih (ISK) dari serangan bakteri serta kuman jahat.

7. Pencegahan disentri

Dari hasil studi penelitian di salah satu Universitas di Indonesia, menyatakan kalau ekstrak tanaman putri malu memiliki kandungan anti bakteri yang baik dalam menangkal pertumbuhan dan perkembangan bakteri yakni bakteri shigella dysentriae yakni bakteri penyebab disentri.

8. Menyembuhkan rematik

Dari hasil penelitian tanaman putri malu terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada sendi penderita rematik.

9. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Penderita diabetes memang sangat mudah mengalami masalah oada gigi dan gusi. Hal itu dusediseba oleh bakteri periodontitis. Nah, dengan minum rebusan air putri malu akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

Manfaat lainnya antara lain ;

  1. Menyembuhkan batuk
  2. Mengobati hepatitis
  3. Mengatasi susah tidur atau Insomnia
  4. Mengatasi kerontokan pada rambut
  5. Mengatasi wasir

Lantas bagaimana cara mengolah putri malu untuk obat diabetes dengan merebus nya, berikut tahap-tahap nya ;

  • Siapkan 1 ons tanaman putri malu lengkap dengan akarnya.
  • Masukkan ke dalam panci yang sudah terisi air 1 liter.
  • Rebus dan tunggu hingga air sekitar ½ liter.
  • Matikan, dan biarkan hingga dingin.
  • Untuk mendapatkan kenikmatan dam khasiat dari ramuan ini, anda bisa meminum nya ketika masih hangat dengan di campur madu secukupnya.

Oke demikian itu adalah informasi tentang khasiat dan manfaat putri malu untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar