Inilah 3 Manfaat Daun Katuk yang Dianggap Sepele

Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah pedesaan pasti sudah tidak asing dengan yang namanya daun katuk. Dan mungkin sudah banyak juga masyarakat yang tahu bahwa tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat yang bagus untuk tubuh manusia. Namun demikian, kondisi seperti ini tentu akan sangat berbeda dengan mereka yang hidup di wilayah perkotaan. Mungkin masih banyak sekali yang kurang begitu paham dan masih menganggap sepele manfaat daun katuk.

Sedikit informasi mengenai tanaman ini, bahwa daun katuk merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa juga digunakan masyarakat untuk sayuran. Tanaman ini memiliki nama latin Sauropus adrogynus yang masuk dalam family Euphorbiacae. Dan salah satu manfaat yang sudah sangat popular dan cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia adalah bahwa daun ini biasa digunakan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui yang punya masalah dengan ASI yang masih mampet atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Daun ini memiliki bentuk perdu serta biasanya bisa mencapai tinggi antara 2 – 3 meter dan hidup di daerah dataran rendah. Tidak hanya bisa digunakan untuk memperlancar ASI saja, namun kabarnya bahwa daun ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam obat salah satunya adalah bermanfaat untuk kesehatan manusia. Lalu apakah Anda penasaran dengan apa saja manfaat yang dimiliki oleh daun katuk yang jarang diketahui dan masih dianggap sepele tersebut? Berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

Digunakan untuk mencegah osteoporosis

Salah satu manfaat yang dimiliki daun katuk selain digunakan untuk memperlancar ASI juga bisa digunakan untuk salah satu obat yang bisa mencegah penyakit osteoporosis. Hal ini dikarenakan daun ini mengandung senyawa isoflavonoid. Senyawa yang ada di dalam kandungan daun ini memiliki fungsi yang sama persis dengan estrogen. Oleh karena adanya kandungan senyawa tersebut maka inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa daun katuk bisa dipercaya untuk mencegah atau memperlambat terjadinya masa tulang atau biasa disebut dengan osteoporosis.

Bisa digunakan untuk menurunkan berat badan

Manfaat kedua yang dimiliki oleh daun ini adalah bahwa sebagian besar masyarakat percaya bahwa daun katuk juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid yang diisolasi oleh daun ini dipercaya bisa digunakan untuk mencegah kenaikan berat badan. Oleh karena itu, sampai saat ini sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang sangat percaya bahwa daun katuk juga bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk obat penurun berat badan atau diet.

Penyembuh luka

Selanjutnya adalah selain beberapa manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa daun katuk kabarnya juga bisa digunakan untuk media penyembuh luka. Tanaman ini memiliki potensi yang bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka karena adanya kandungan antiinflamasi yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Tetapi kabarnya memang masih perlu dilakukan yang namanya penelitian lebih lanjut supaya bisa tahu dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Dari beberapa penjelasan seperti di atas yang menyebutkan tentang betapa pentingnya dan manfaat daun katuk yang masih dianggap sepele oleh beberapa orang ternyata bisa digunakan untuk berbagai macam manfaat yang lain selain untuk memperlancar ASI saja. Meski memang masih banyak sekali manfaat dari daun katuk yang bisa digunakan untuk kesehatan manusia, namun memang perlu dilakukan kajian yang lebih lanjut supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Manfaat Daun Katuk – Zoel