Efek Samping Minum Rebusan Daun Seledri

Tentunya saja kita tidak asing lagi dengan sayuran hijau bernama seledri. Sayuran ini umumnya digunakan sebagai penyedap masakan, namun siapa sangka kalau ternyata seledri menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kenapa baik untuk kesehatan.? Berikut penjelasannya

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Fitria dan Saputra 2016, dalam seledri seberat 100gram terkandung flavonoid, saponin, tanin 1%, minyak atsiri 0,033%, flavo-glukosida, apigenin, fitosterol, kolin, lipase, pthalides, asparagine, zat pahit, vitamin (A, B dan C), apigenin dan alkaloid.

Lantas, apa saja efek baik yang bakalan di dapatkan tubuh jika konsumsi jus atau rebusan air daun seledri sesuai  dosis dan aturan medis.? Berikut review nya untuk Anda;

  1. Menurunkan darah tinggi
  2. Menurunkan kolestrol
  3. Obat radang
  4. Menurunkan berat badan (diet)
  5. Menyembuhkan infeksi
  6. Mampu mencegah kanker
  7. Menjadi obat maag
  8. Menjadi obat anemia
  9. Memperbaiki fungsi ginjal
  10. Memberantas kutu rambut
  11. Mempercepat pertumbuhan rambut
  12. Menghilangkan ketombe

Baca juga; efek samping makan labu kuning tiap hari

Setelah kita mengetahui macam-macam kebaikan dari minum air daun seledri, yuk kita bahas efek buruk atau bahaya bagi kesehatan tubuh, berikut ulasannya;

  1. Menyebabkan penyakit gondok. Hal ini karena di dalam seledi yang masih mentah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan mengganggu fungsi yodium dan tiroid.
  2. Menyebabkan ruam pada kulit. Hal ini karena seledri mengandung bahan kimia yang bernama psoralen. bahan kimia ini sangatlah sensitif terhadap sinar ultra violet. Hal ini lah yang akan menyebabkan ruam di kulit jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan
  3. Seledri yang banyak mengandung pestisida ini dikhawatirkan akan menyebabkan alergi.

Note; beberapa efek samping yang buruk tersebut diakibatkan terlalu banyak mengkonsumsinya, oleh karena itu kita harus memperhatikan dosis dan anjuran minum.

Cara mengolah daun seledri, berikut ini;

  • Masukkan 100gr daun seledri berseta gagang nya ke dalam blender.
  • Tambahkan 100 ml air matang, blender halus.
  • Biar lebih segar, tambahkan es batu dan madu sebagai pemanis jus.
  • Segera minum selagi dingin.

Waktu yang tepat minum ramuan alami tradisional ini adalah pagi setelah bangun tidur dan malam menjelang tidur.

Note: jika diaplikasikan pada tubuh bagian luar, anda cukup mengoleskannya + meminumnya agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Demikian itu beberapa efek samping dari konsumsi air rebusan seledri, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar