Efek Samping Daun Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat dalam mengobati berbagai penyakit. Bagian yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah daunnya.

Menurut penelitian menyebutkan bahwa dalam daun kumis kucing terdapat kandungan glikosida orthosiphonim dan beberapa senyawa lainnya, karena adanya kandungan ini membuat ia mampu mengeluarkan asam urat oksalat dan fosfat yang berlebih di dalam tubuh melalui urine.

Meski baik bagi kesehatan, ternyata minum rebusan air daun kumis kucing dapat menimbulkan efek samping untuk tubuh, hal ini terjadi bila anda mengkonsumsinya secara berlebihan dan tidak sesuai mengikuti aturan dosis dalam penggunaannya.

Efek samping minum daun kumis kucing

Meski dalam medis belum menemukan data mengenai efek negatif dari minum rabusan daun kumis kucing. Namun jika anda merasakan gejala berikut segera hentikan pemakaian.

1. Sakit perut

Karena penggunaannya dikonsumsi maka efek samping yang pertama kali ditimbulkan adalah sakit perut. Karena sakit perut bisa saja disebabkan oleh masalah tubuh lain, sebaiknya lakukan pemakaian 3x saja. Jika tiap minum ramuan ini selalu timbul sakit perut, segera hentikan pemakaian.

2. Sesak nafas

Konsumsi daun kumis kucing dengan dosis terlalu tinggi (overdosis) akan membuat nafas menjadi berat, bahkan juga bisa membuat area sekitar dada terasa sakit.

3. Mengganggu fungsi jantung

Jika berlalu banya minum air rebusan daun kumis kucing akan membuat makanan yang masih tersimpan pada lambung lebih sulit dicerna dan membuat asam lambung naik sehingga berimbas pada terganggunya kinerja jantung.

4. Terserang penyakit ginjal

Meski minum air rebusan daun kumis kucing bisa mengatasi masalah ginjal seperti menghancurkan batu ginjal, hingga gagal ginjal. Tapi jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan justru akan memperparah keadaan.

5. Reaksi alergi

Alergi disebabkan karena tubuh tidak dapat menerima zat asing yang masuk. Reaksi semacam ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil hingga kemerahan pada tubuh.

6. Menyebabkan tekanan darah menjadi rendah

Meski rebusan daun kumis kucing bermanfaat mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Tapi jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekan darah normal bisa mengakibatkan Hipotensi atau tekanan darah rendah.

7. Keracunan

Konsumsi rabusan daun kumis kucing secara masif dapat mengakibatkan keracunan.

Note: hal ini terjadi bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan sehingga mengakibatkan overdosis bahwa kematian.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar