Cara Membuat Jus Labu Siam

Labu siam atau jipang (Sechium edule, bahasa Inggris: chayote) merupakan tumbuhan dalam keluarga suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang dapat dikonsumsi buah dan pucuk daunnya. Tumbuh kembang tanaman ini merambat di tanah atau memanjat dan umumnya tanaman ini dibudidayakan di pekarangan dekat kolam.

Sekilas, labu siam tidak sepopuler dari jenis sayuran lainnya. Namun kamu tak boleh meragukan manfaatnya untuk kesehatan.

Selain tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori. Maka tak heran, apabila banyak ahli kesehatan merekomendasikan sayuran ini untuk dikonsumsi, hal itu dikarenakan dapat menurunkan kolesterol dan berat badan(diet), mengobati wasir, hipertensi, asam lambung, asam urat, ibu hamil dan masih banyak lagi.

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan dermatologi, labu siam kaya akan serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, seng, potassium, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C. Labu siam juga kaya akan kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA. Selain itu, sayuran ini juga nyatanya mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (SOR) di tubuh yang keduanya berperan dalam penuaan dan perkembangan kanker.

Lantas bagaimana cara mengolah labu siam menjadi ramuan alami yang benar dan mudah dilakukan.? Berikut tahapan cara membuatnya;

Bahan:

  • 1 buah labu siam.
  • 3 buah apel malang.

Cara membuat:

Labu siam dan apel dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Siapkan jus ekstraktor, lalu ambil sarinya. Tuang ke dalam gelas, siap diminum.

Note: anda bisa mengganti apel dengam nanas atau wortel, atau mungkin buah yang anda sukai.

Bagaimana, mudah sekali bukan.? Itulah cara membuat jus labu siam, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar