Bolehkah Minum Es Saat Nifas

Nifas merupakan darah yang keluar dari rahim akibat dari proses persalinan (bisa dikatakan setelah melahirkan itu adalah masa nifas. Secar normal, setiap wanita mengalami masa nifas selama 40 hari.

Dalakm isalam, selama wanita masa nifa tidak diperbolehkan menjalankan puasa dan melakukan sholat serta tidak dibolehkan berhubungan intim dengan suami.

Apa kamu tahu, kenapa tidak boleh melakukan hubungan seksual? Ini penjelasannya

Selama masa nifas, rahim wanita akan mengeluarkan cairan yang dalam medis dikenal dengan nama lokia, lokia ini berwarna merah gelap hampir menyerupai merupakan darah. Namun, warna tersebut akan berubah seiring bertambahnya hari, dikarenakan jumlah cairan yang keluar terus berkurang.

Perbedaan nifas, pada proses melahirkan normal dan caesar

Nifas pada ibu melahirkan secara normal maupun caesar sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Hanya saja, pemulihan luka lebih lama yang melalui operasi dibandingkan melahirkan secara normal.

Dalam fase nifas umumnya tubuh wanita akan mengalami :

  • Sakit pada payudara, kondisi ini sangat umum terjadi karena oada fase ini ibu memberikan asi kepada bayinya. Untuk meringankan rasa sakitnya, bunda bisa mengkompresnya denhde air dingin di sekitar payudara.
  • Vagina tidak nyaman, karena melahirkan dan nifas terjadi pada vagina. Tentunya akan muncul rasa tidak nyaman muncul didaerah tersebut. Namun, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya seiring terjadinya pemulihan.
  • Perubahan tubuh, setelah melahirkan akan terjadi perubahan pada fisik wanita, perubahan yang paling sering terjadi adalah kontraksi, kesulitan buang air kecil, rambut rontok, perubahan emosi, dan penurunan berat badan.

Bolehkah minum Es saat masa nifas

Selama 40 minggu masa kehamilan, minum Es merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari. Maka tak heran bila banyak dari mereka yang menanyakan mengenai “bolehkah minum es saat nifas” pada dokter atau bidan.

Dalam masa nifas, sebenarnya tidak ada makanan ataupun minuman yang dilarang untuk dikonsumsi. Hanya saja, bunda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar proses pemulihan dapat berlangsung dengan optimal.

Jadi jawaban dari pertanyaan bolehkah minum es saat nifas adalah boleh, dengan catatan jangan berlebihan dan es tersebut terbuat dari air matang.

Efek buruk minum Es berlebihan bagi kesehatan

Ada beberapa efek samping dan bahaya minum es bagi kesehatan jika es tersebut dibuat tidak higienis diantaranya :

  • Batuk
  • Gangguan pernafasan
  • Menghalangi penyerapan nutrisi

Note; jika anda igin merasakan kesegaran dari es batu, sebaiknya es tersebut dibuat sendiri dengan air bersih yang sudah matang.

Bagaimana, apa sudah jelas? jika belum bisa tanyakan melalui kolom komentar atau bisa langsung berkonsultasi dengan dokter terdekat di daerah anda.

Terima kasih, yuk dibagikan.

boleh tidak minum es setelah melahirkan bolehkah ibu menyusui minum es dan makan pedas bolehkah minum es pasca melahirkan bolehkah ibu menyusui minum es kelapa muda ciri ciri darah putih naik setelah melahirkan pantangan ibu nifas lengkap pantangan masa nifas dalam islam

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar