Bolehkah Ibu Hamil Makan Mangga Muda

Sebagian ibu hamil saat trimester pertama, biasanya akan mengalami gejala morning sickness (nyidam) yaitu mual dan muntah. Untuk mengatasi hal ini, biasanya ibu hamil lebih memilih mengkonsumsi makanan yang bersifat asam ataupun pedas. Salah satunya yaitu dengan konsumsi mangga muda.

Hasil penelitian yang telah dilakukan dermatologi, menyebutkan nilai kandungan gizi mangga per 100 g yaitu (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%).

Banyak muncul pertanyaan dari kalangan ibu hamil tentang apakah boleh buah mangga dimakan ketika masa kehamilan. Baik atau butur? Berikut review nya.

1. Sumber Vitamin C

Adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi, membuat buah mangga muda ini dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil antara lain; meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, melancarkan sistem peredaran darah, anti-inflamasi (mencegah peradangan), mencegah sariawan, mengoptimalkan penyerapan zat besi, dan masih banyak lagi.

2. Sumber Kalsium

Hasil penelitian tersebut juga menyebutkan adaya kalsium. Zat kalsium merupakan zat yang memiliki peranan sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Jika zat ini tidak tercukupi, maka janin akan menyerap kalsium yang ada pada ditulang dan gigi ibunya, sehingga tulang ibu menjadi keropos dan si ibu menjadi lebih mudah sakit gigi ketika masa kehamilan.

Kalsium yang terkandung dalam buah mangga muda adalah sekitar 1,2 hingga 1,8 persen. Jadi perlu konsumsi tambahan seperti apel, susu, mentega, dan kacang-kacangan.

3. Mengobati gangguan pencernaan dan Sembelit

Salah satu gangguan yang paling sering dialami oleh bumil adalah sembelit, apalagi jika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Meski keluhan ini terbilang wajar, tapi tetap harus membutuhkan penanganan yang tepat, supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu penanganan dalam mengatasi sembelit pada ibu hamil adalah dengan konsumsi buah mangga muda.

Kenapa demikian.?

Buah mangga muda mengandung unsur alkali dan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat menetralkan pencernaan. Manfaat mangga muda untuk sembelit akan langsung terasa jika anda mencampur madu dan sedikit garam.

Penting.!!!

Bagi anda yang memiliki riwayat menderita maag kronis, sebaiknya hindari konsumsi buah ini. Jika tetap ingin mencoba, cobalah konsumsi sedikit saja.

Oke… demikian itu penjelasan tentang bolehkah ibu hamil makan buah mangga muda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

efek samping mangga muda untuk ibu hamil muda hamil 6 minggu makan mangga muda bolehkah ibu hamil makan manisan mangga bahaya makan mangga muda mangga yang tidak boleh dimakan ibu hamil bolehkah ibu hamil makan rujak buah manfaat buah mangga untuk ibu hamil 8 bulan asinan mangga muda untuk ibu hamil

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar