20200221 164903

Berburu Wisata Halal di Palembang, 4 Tempat Ini Bisa Anda Kunjungi

Konsep wisata halal sedang marak digalakkan di Indonesia. Tidak heran, karena Tanah Air sedang gencar memamerkan beragam wisata ramah muslim di mata dunia. Tujuannya tidak lain tidak bukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Indonesia yang berdampak pada peningkatan devisa negara. Nah, salah satu destinasi yang bisa Anda tuju untuk wisata halal ini adalah Palembang. Tempat mana saja yang mengusung konsep wisata halal di Palembang? Berikut beberapa di antaranya:

Kampung Al Munawar

20200221 164855
Kampung Arab (sumber:google.com/maps)

Destinasi satu ini mungkin lebih akrab disapa Kampung Arab. Namanya diambil dari seorang sesepuh yang cukup disegani, yaitu Habib Hasan Abdurrahman Al-Munawwar. Tidak tanggung-tanggung, usia perkampungan ini sudah menginjak 250 tahun, lho, dan konsep wisata halal masih melekat dengan kuat di sini, terlebih setelah pemerintah setempat menjadikan kampung ini sebagai destinasi wisata. Selain menikmati budaya Islam yang begitu khas, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner lezat dan atraksi musik gambus yang akan semakin menambah keceriaan suasana di perkampungan ini.

Masjid Cheng Ho

Kalau berbicara wisata halal pasti tidak jauh dari wisata berbau religi. Di Palembang, salah satu tempat wisata halal yang hingga kini masih diminati adalah Masjid Cheng Ho. Masjid ini sempurna dibangun pada tahun 2006 silam, mengingatkan semua pengunjung masa-masa ketika Laksamana Besar Cheng Ho menginjakkan kaki di Tanah Palembang. Masjid Cheng Ho terbilang sangat unik, karena memadukan gaya Melayu dan Cina yang kental. Dua menara masjid dibangun menyerupai pagoda dengan warna merah, tetapi tidak meninggalkan unsur Islam yang dimilikinya.

Bayt Al Quran Al Akbar

Selanjutnyaadalah Bayt Al Quran Al Akbar, destinasi wisata halal lain di Palembang yang turut digemari wisatawan selain Masjid Cheng Ho. Destinasi ini dibangun di atas lahan seluas 5000 hektare, berisi barisan ayat-ayat suci Al Quran yang terpajang di lantai lima salah satu gedung pesantren di Palembang. Di sini, Anda bisa meresapi ayat-ayat suci yang terukir pada kayu trembesu sepanjang 177 sentimeter dengan lebar hingga 140 sentimeter dan tebal hingga 2,5 sentimeter. Bahkan, destinasi ini berhasil meraih penghargaan pada tahun lalu untuk kategori Wisata Halal Terpopuler.

Masjid Kyai Marogan

20200221 164903
Masjid Kyai Marogan (sumber : google.com/maps)

Ada pula Masjid Kyai Marogan yang berada di sekitar Sungai Musi. Nama bangunan ibadah ini diambil dari salah satu kiai yang cukup ternama di Palembang pada saat itu, Kyai Marogan yang memiliki nama asli Masagus Abdul Hamid bin Mahmud. Bangunan masjid sendiri sudah ada sejak tahun 1870 silam. Kalau beruntung, Anda bisa mendengar berbagai kisah menarik yang pernah terjadi pada Kyai Marogan yang turut dikenal sebagai salah satu saudagar kaya di Palembang. Selain beribadah, di sini Anda bisa menikmati indahnya Sungai Musi yang memang ikonik di Palembang.

Ternyata, Palembang memang cocok menjadi salah satu wilayah wisata halal di Indonesia. Tidak hanya wisata alam dan budaya, Anda pun perlu mengetahui tempat-tempat menarik yang mengusung konsep halal tourism yang memang sedang digalakkan di seluruh dunia. Nah, untuk bisa menikmati tempat tadi, Anda tentu harus memesan hotel di Palembang sesegera mungkin sebelum kehabisan. Tenang saja, selama Anda memesan melalui aplikasi Airy, Anda pasti akan mendapatkan akomodasi terbaik.

Tidak hanya banyaknya promo hotel yang ditawarkan, Anda pun akan mendapatkan jaminan 7 kenyamanan di setiap akomodasi pilihan. Ditambah lagi dengan kenyamanan dan keamanan setiap transaksi yang Anda lakukan di aplikasi, yang tentu saja bebas dari unsur penipuan. Jadi, pesan akomodasi di mana saja, cukup tekan aplikasi Airy di ponsel Anda. Murah, cepat, dan dijamin aman!

Originally posted 2020-02-21 09:53:24.

Tinggalkan komentar