Berapa Kali Bayi BAB Jika Minum Susu Formula

Ibu yang baru memiliki anak pertama pasti akan sering bertanya-tanya, tentang berapa kali bayi akan BAB dalam sehari? Ternyata ini suatu pertanyaan yang sulit untuk dijawab.

1. Minum ASI

Dalam beberapa literatur penelitian terungkap mengenai frekuensi BAB bayi yang meminum ASI, dalam makalah Lancet tahun 1951, Dr Israel Gordon mengungkapkan penelitiannya tentang pola BAB pada bayi, yaitu bayi yang sering minum ASI akan selalu BAB setidaknya satu kali sehari.

Lalu ada penelitian pada 1988 di Inggris yang menuliskan: “Frekuensi BAB pada bayi yang mengkonsumsi ASI berkisar antara 14 kali selama 16 minggu pertama” artinya bayi akan buang air besar (BAB) sedikitnya sekali dalam sehari.

2. Minum susu Formula

Berapa kali bayi BAB jika minum Susu Formula.?

a. Saat bayi sehat

  • Usia 1 hari sampai sebulan

Jika bayi yang berusia 1 hari langsung menerima susu formula mungkin akan lebih sering BAB dengan warna yang lebih hijau. Ini disebabkan kotoran bayi masih mengandung mekonium yang bersumber dari usus bayi.

Setelah berusia beberapa minggu maka feces atau kotoran bayi akan berubah menjadi coklat kekuningan. Jika bayi terlalu sering minum susu formula, bayi bisa BAB lebih dari empat kali dalam satu hari. Namun, anda tak perlu khawatir karena itu adalah suatu hal yang wajar terjadi.

  • Usia bayi 1 bulan dan berikut

Setelah bayi berumur lebih dari 1 bulan maka gerakan usus bayi akan melambat. Ingat, ini bukanlah hal buruk melainkan sebagai tanda kalau sebagian besar nutrisi yang terkandung pada susu formula mulai sudah terserap ke dalam tubuh bayi Anda.

Di usia ini bayi akan buang air besar (BAB) sebanyak satu atau dua kali saja dalam sehari.

Yang perlu bunda perhatikan feces yang dikeluarkan menyerupai selai, tidak terlalu cair juga tidak terlalu padat, artinya bayi sehat.

b. Saat bayi sakit

  • Usia 1 hari sampai sebulan

Bayi sakit atau sehat bisa dilihat dari tinja yang dikeluarkan oleh bayi, jika tinja tersebut keras berbentuk seperti kerikil artinya bayi sedang sakit dan mengalami sembelit.

Ketika bayi sakit biasanya sulit menerima susu formula, sehingga mengakibatkan jarang BAB atau setidaknya bayi hanya BAB dua hari sekali.

Bagaimana, apa sudah jelas? jika belum bisa tanyakan melalui kolom komentar atau berkonsultasi dengan dokter terdekat di daerah anda.

bayi minum susu formula sering bab buang air besar pada bayi yang minum susu formula bayi minum susu formula tidak bab 2 hari bayi minum susu formula langsung bab bab bayi minum susu formula dan asi bayi minum susu formula bab warna hijau takaran susu formula bayi 0-3 bulan berapa kali bayi minum susu formula dalam sehari

Saya suka mempelajari segala hal tentang SEO, dan berbagi tips terutama kecantikan & kesehatan di beberapa website ; Mugianto – Rosyana – Spesialis rambut

Tinggalkan komentar