5 Tips Perawatan Pasca Stroke yang Bisa Diterapkan Agar Hasilnya Optimal

Tidak bisa dipungkiri memang jika seandainya serangan stroke berdampak besar terhadap seluruh aspek kehidupan. Termasuk diantaranya adalah dengan menurunnya kualitas hidup seseorang yang disebabkan oleh penyakit satu ini. karena ia memang menyerang sistem syaraf yang ada di otak yang digunakan sebagai pusat dalam mengatur segala macam kegiatan. Sehingga terkadang membuat penderitanya mengalami kelumpuhan, baik itu sebagian maupun juga secara keseluruhan. Sehingga setelah melalui serangan stroke pertama, salah dianjurkan untuk melakukan rehabilitasi pasca stroke. Karena dengan sekali pengobatan saja hasilnya tidak langsung kembali pulih seperti semula.

Fakta lainnya yang patut untuk diketahui, bahwa memang setelah serangan stroke pertama ini, maka sangat mungkin nantinya stroke tersebut akan kembali menyerang Anda. Bahkan dengan dampak yang lebih buruk seperti diantaranya adalah kematian. Sehingga pasien stroke ini harus selalu dipantau kondisinya. Namun tak perlu khawatir, karena kenyataannya tetap ada peluang untuk memulihkan kondisinya seperti sedia kala, asalkan menjalani pengobatan secara optimal, tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini diantaranya ada beberapa tips perawatan setelah serangan stroke, agar nantinya bisa lebih cepat sembuh, atau hasil yang diterima lebih efektif, yaitu:

  • Pastikan untuk rajin dalam mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, penyakit dalam layaknya jantung maupun stroke ini nantinya memang mengharuskan penderitanya untuk rutin di dalam memakai obat-obatan penunjang, seperti diantaranya adalah obat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga nantinya aliran darah juga tetap lancar. Obat yang sudah diresepkan oleh dokter ini hendaknya juga dikonsumsi secara teratur. Sehingga dengan demikian maka dapat mencegah terjadinya kemungkinan serangan stroke kedua.
  • Jaga asupan makanan yang dikonsumsi, tak kalah penting sebenarnya adalah dengan memperhatikan pola makan Anda sehari-hari, mengingat bagaimanapun makanan yang dikonsumsi ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemungkinan penyakit akan memburuk. Misalnya adalah makanan yang tinggi garam, makanan instan, mengandung lemak jenuh atau lemak trans, alkohol dan sejenisnya. sangat mungkin membuat pembuluh darah menyempit kembali dan memperburuk kondisinya.
  • Jadi usahakan selektif dalam memilih makanan yang diberikan pada pasien stroke.
    Mengajak pasien stroke untuk berkomunikasi, termasuk juga sesekali ajak mereka keluar rumah, dengan demikian nantinya mereka akan merasakan kehidupan seperti sedia kala. Hal ini juga sangatlah berguna di dalam mencegah stres, karena kemampuan tubuh yang berkurang tidak seperti sedia kala.
  • Menjaga kebersihannya, banyak pasien stroke yang tak lagi bisa berjalan, bahkan untuk sekedar melakukan kegiatan seperti mandi, buang air besar dan juga kecil adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk itu maka kebersihan mereka juga tetap harus dijaga. Mengingat bagaimanapun hal ini sebenarnya juga sangat berhubungan dengan kesehatan mereka.
  • Ikuti terapi secara disiplin, untuk mengembalikan kualitas hidup dari pasien stroke, seperti diantaranya adalah meningkatkan kemampuan dalam bergerak, berbicara dan sejenisnya. tentu ada beberapa macam terapi penunjang yang harus diikuti. Anda bisa mengandalkan layanan fisioterapis yang ada di rumah sakit, maupun juga yang bisa didatangkan ke rumah, semuanya bisa digunakan sebagai pilihan bagi Anda.

Sekarang ini untuk menemukan layanan terapis guna menunjang rehabilitasi stroke bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Karena nantinya Anda bisa memanggil jasa fisioterapis tersebut ke rumah, yaitu lewat Aido Health. Mereka juga menawarkan harga terbaik dan transparan, sehingga bisa langsung Anda cek di website resminya.

Tinggalkan komentar