5 Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru yang Wajib Anda Kunjungi

Ada banyak sekali tempat hunting terbaik di Banjarbaru yang sangat asyik dan wajib dikunjungi, ketika Anda merencanakan untuk berlibur disini. Banjarbaru adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Kota ini menyimpan sejuta pesona keindahan dan panorama alam yang sungguh menakjubkan. Namun, sayangnya kebanyakan orang belum mengetahui tempat keren yang ada di Kota Banjarbaru ini.

Kota Banjarbaru memiliki banyak spot objek wisata yang keren sekali, hal tersebut bisa dibuktikan dari situs budaya, situs sejarah, spot untuk mengabadikan gambar hingga air terjun yang memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya.

Nah, dilansir dari HobiHoliday tentang Tempat Hunting Terbaik di Banjar Baru, berikut ini kami akan menyampaikan ulasan mengenai objek wisata yang paling direkomendasikan dan wajib Anda eksplore ketika berada di salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Adapun 5 Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru, yakni diantaranya :

KEBUN RAYA BANUA

Semenjak tahun 2011 lalu, pemerintahan Propinsi Kalimantan Selatan dipindahkan secara bertahap dari kota Banjarmasin ke daerah Cempaka, Kota Banjarbaru. Pembangunan kompleks perkantoran provinsi di kawasan itu memerlukan luas lahan 500 hektar. Namun Pemkot Banjarbaru menyiapkan 2.000 hektar yang terbagi ke dalam 3 zona (1 ring – 3 ring). Dengan ketersediaan luas lahan yang cukup, sehingga membentuk konfigurasi yang terlihat indah sekali.

Wujud bangunan fisik dari kantor gubernur Provinsi Kalimantan Selatan memang kelihatan cantik dan megah. Hal tersebut dikarenakan mengusung tema rumah adat Banjar Bubungan Tinggi. Sedangkan konsep tata ruangnya mengusung tema “hijau” yang lebih memberikan kesan keasrian. Meskipun masih melakukan ke tahap penyempurnaan agar menemukan tata ruang hijau yang terlihat lebih ideal, namun setidaknya pemerintah serius membangun konsep hijau pada saat itu.

Pembangunan komplek perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus tempat hunting terbaik di Banjarbaru yang menelan biaya hingga ratusan milliar rupiah, demi mewujudkan ide cerdas pemerintah dalam membangun “Kebun Raya Banua”. Objek wisata ini menjadi wahana konservasi alam dan kawasan wisata pendidikan serta jasa lingkungan, karena lokasinya yang masih ke dalam area lingkungan kompleks bangunan perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan. Ide cerdas pembangunan objek wisata ini merupakan jawaban dari isu panasnya degradasi lingkungan di Kalsel yang semakin mengkhawatirkan sekaligus dijadikan paru-paru kota bagi masyarakat setempat, khususnya di Kota Banjarbaru.

Tempat hunting terbaik di Banjarbaru ini diplot menempati area 100 hektar yang terletak di seberang kantor gubernur. Kawasan ini dijadikan wahana wisata lingkungan terbesar, terlengkap dan terluas di Kalimantan sekaligus menjadi pusat pengembangan dan perlindungan beragam tanaman lokal khas Provinsi Kalimantan Selatan. Tanaman tersebut seperti Kayu besi dan Kayu Ulin (Ensideroxylon zwageri) yang kian punah habitat alaminya akibat degradasi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan. Ada juga beberapa spsesis pohon buah yang langka dan sudah punah habitat alaminya seperti pohon buah Binjai (Mangifera caesia), pohon buah Kelangkala (Litsea angulota), Katsuri (Mangifera casturi), dll.

Kebun Raya Banua mempunyai koleksi tanaman langka yang beragam sekitar 3.000 pohon. Guna menambah koleksi tanaman, pihak pengelola objek wisata ini berburu ke berbagai daerah Kalimantan Selatan seperti Kabupaten Balangan, Tabalong, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Tanah Laut yang masih memiliki ekosisitem hutan dengan koleksi tanaman cukup lengkap.

Di kawasan tersebut juga memiliki beberapa taman tematik yang terlihat hijau dan segar dengan berbagai tanaman bunga yang tumbuh bermekaran berwarna-warni dijadikan tanaman pagar. Taman tematik ini berisikan tanaman berkhasiat obat yang koleksinya pun terbilang cukup banyak.

WISATA RUMAH SANGKUT GUNUNG KUPANG

Tempat hunting terbaik di Banjarbaru selanjutnya adalah rumah sangkut gunung Kupang. Rumah yang menjadi viral ini berada di area perumahan Kesatria Secaba dan Dodiklatpur, tepatnya di Jalan Gunung Kupang, Kelurahan Cempaka, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Rute menuju ke objek wisata ini sangatlah mudah karena lokasinya yang tak jauh dari jalan raya. Apabila dari Banjarbaru, ambilah jalan yang menuju ke kecamatan Cempaka. Selanjutnya lihat di sebelah kiri jalan, disana Anda akan masuk menuju jalan Gunung Kupang di Kompleks Kesatrian Secaba dan Dodiklatpur Perumahan Graha Praja Idaman. Rumah Sngkut Gunung Kupang (Rumah Jomblo) terletak di belakang perumahan tersebut. Rumah jomblo tersebut akan kelihatan menonjol dan menjulang tinggi di atas gundukan tanah. Rumah inilah yang menjadi satu-satunya rumah kayu di kawasan tersebut.

Menurut cerita penduduk sekitar, rumah ini tersimpan cerita mistis. Konon katanya, dulu rumah ini sempat beberapa kali dirobohkan, akan tetapi orang yang mencoba untuk merobohkannya malah tertimpa sakit. Untuk itu rumah ini tetap dibiarkan berdiri hingga saat ini bahkan menjadi viral di kalangan masyarakat Indonesia.

HUTAN KOTA PINUS MENTAOS

Salah satu tempat hunting terbaik di Banjarbaru yaitu hutan kota pinus Mentaos. Hutan ini berada di jalan Pangeran Suriansyah Ujung, Kelurahan Komet, Kota Banjarbaru. Hutan ini dijadikan peneduh sekaligus paru-paru kota di lingkungan tersebut. Pemerintah Kota Banjar Baru mulai mempercantik objek wisata di kawasan hutan Pinus ini menjadi sebuah wahana wisata yang cukup populer pada Mei 2017 lalu.

Sebelumnya kawasan ini merupakan area percontohan budidaya pohon pinus. Hutan pinus ini juga sering dijadikan masyarakat setempat untuk melepas segala penatnya. Oleh karena itu pemerintah daerah berinisiatif mengubah kawasan hutan ini menjadi sebuah destinasi wisata hutan kota yang indah.

Keindahan wisata hutan ini bisa terlihat dengan beraneka ragam payung yang tergantung diatas dan sejumlah layang-layang berukuran raksasa menempel di pohon. Sehingga suasana semakin semarak ketika Anda berkunjung ke area hutan wisata ini. Nah, apabila Anda ingin menikmati tiduran dan bersantai sejenak di bawah rimbun pohon pinus, bisa sewa langsung hammock ataupun tikar dengan tarif sekitar Rp. 10 ribu. Selain menikmati rimbunnya pohon pinus, Anda pun juga bisa menikmati beragam pohon lainnya seperti pohon akasia, durian, beringin dan angsana.

TAMAN VAR DER PIJL

Ketika Anda sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan jangan melewatkan kunjungan ke Taman Var Der Pijl. Tempat hunting terbaik di Banjarbaru ini merupakan sebuah ruang terbuka hijau sangat indah. Taman Var Der Pijl ini tidak memiliki lahan yang terlalu luas, tetapi cukup rindang dan mejadikan tempat wisata favorit masyarakat untuk melepaskan segala penatnya. Letak objek wisata ini berada di jalan Ahmad Yani 34,5 km di Banjarbaru. Taman ini memiliki beragam jenis pohon yang berukuran besar dan rimbun, sehingga menjadikan suasana terasa sangat nyaman dan menenangkan.

Taman peninggalan Belanda ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kalangan usia. Ketika liburan akhir pekan, anak-anak yang sering mendominasi tempat ini. Hal tersebut didukung juga dengan wahana permainan khusus untuk anak kecil. Taman ini selalu dipenuhi warga setiap harinya bahkan hingga malam hari, banyak aktifitas yang seringkali dilakukan disana seperti berfoto selfie, bermain gadget, menjual makanan dan minuman ataupun hanya sekedar duduk-duduk santai saja.

Taman ini terletak di tepi jalan dan sudah sangat populer di kota tersebut. Lokasi Taman Var Der Vijl  tidak jauh dari Lapangan Murjani, Kantor Wali kota Banjar baru dan Museum Lambung Mangkurat. Di kawasan taman juga terdapat lukisan tiga dimensi dan beberapa lukisannya terpasang di tower PDAM dan di bawah pohon di sekitar taman.

WISATA DANAU SERAN

Danau seran merupakan salah satu tempat hunting terbaik di Banjarbaru yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pemandangan air yang memanjakan mata adalah agenda wajib para wisatawan ketika berkunjung kesini. Menurut cerita, Danau Seran ini dulunya adalah area bekas penambangan intan miliki dari PT Galuh Cempaka. Meskipun sudah tidak menjalankan aktivitas penambangan lagi, lahan ini tetap berstatus hak miliki perusahaan tersebut hingga 2034 mendatang.

Bekas-bekas galian inilah yang menjadikan tempat air menggenang dan menjelma menjadi sebuah danau yang cukup populer di kalangan masyarakat. Pesona keindahan alam danau ini sudah tidak bisa diragukan lagi, danau seran seluas 10 hektar menjadi sebuah area hijau alam yang sangat menawan.

Air danau yang begitu jernih membuat setiap para penggunjung tergoda untuk bermain-bermain dengan air bahkan bisa melakukan aktivitas berenang. Namun tetap harus waspada ketika berenang di danau ini, Danau Seran ini memiliki kedalaman hingga 30 meter.

Keunikan dari Danau Seran ini adalah di tengah-tengah danau tersebut ada sebuah pulau yang dikunjungi pepohonan liar. Di antara pepohonan liar tersebut terdapat ayunan yang terikat ke batang pohon. Untuk menuju ke pulau ini Anda harus menaiki perahu kelotok dengan tarif sekitar Rp 5.000 setiap perjalanan. Perahu tersebut mampu menampung penumpang hingga 10 orang.

Danau Seran tersebut memiliki beragam fasilitas yang bisa digunakan seperti bermain sepeda air dan menaiki perahu untuk mengelilingi danau. Untuk mengelilingi danau tersebut, Anda harus dikenakan tarif sekitar Rp. 20.000 dengan waktu 30 menit. Setelah capek beraktifitas menikmati keindahan Danau Seran, Anda pun bisa bersantai dan menikmati beberapa suguhan makanan yang telah disediakan disana dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai 5 tempat hunting terbaik di Banjarbaru yang wajib Anda eksplore ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar