5 Spot Foto di Banjarmasin yang Lagi Ngehits

 Spot Foto di Banjarmasin  – Ada banyak pilihan spot foto di Banjarmasin yang lagi ngehits dan asyik sekali dikunjungi buat mengisi liburan. Banjarmasin yang merupakan sebuah kota di Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus menjadi ibukota di Provinsi tersebut selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kota Banjarmasin mempunyai sejuta pesona keindahan dan panorama alam yang menakjubkan namun sebagian masih tersembunyi, sehingga kebanyakan orang belum yang mengetahui akan keagungan sang pencipta di tanah Borneo ini. Ada banyak tempat wisata keren yang ada di kota Banjarmasin, hal tersebut bisa dilihat dari situs budaya yang dimilikinya, situs sejarah, spot foto yang menganggumkan hingga keindahan alam yang memanjakan mata.

Apabila Anda hendak berkunjung ke Kota Banjarmasin ini, jangan diragukan lagi akan keindahan dan panorama alamnya. Kota Banjarmasin menawarkan banyak sekali pilihan yang wajib Anda kunjungi. Adapun 5 spot foto di Banjarmasin yang lagi Ngehits pilihan kami dilansir dari hobiholiday diantaranya :

Pasar Terapung Siring Banjarmasin

Salah satu spot foto di Banjarmasin yang sudah populer bagi masyarakat di Propinsi Kalimantan Selatan ini adalah Pasar Terapung Siring Banjarmasin.  Pasar terapung yang menjadi objek wisata ini memang telah ada sejak zaman Kerajaan Banjar, namun baru dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia semenjak diiklankan melalui media Televisi. Di Propinsi Kalimantan Selatan sendiri terdapat 3 pasar terapung yakni Pasar Terapung Lokba Intan, Pasar Terapung Kuin dan Pasar Terapung Siring Sungai Martapura.

Dalam rangka melestarikan pasar terapung, Pemkot Banjarmasin menjalankan program Giat Pasar Terapung yakni dengan melakukan kegiatan pasar terapung di Siring sungai Martapura. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap hari Minggu, dimulai dari pukul 07.00 – 10.00 WITA. Dengan adanya program pasar Tendean yang berada di pusat kota diharapkan mampu mendekatkan keberadaan pasar terapung dengan masyarakat.

Pasar Terapung adalah suatu kebudayaan khas Indonesia khususnya di Propinsi Kalimantan Selatan. Sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya kita melestarikan dan menjaga kebudayaan tersebut supaya dikenal oleh keturunan kita nantinya dan tidak tergeserkan oleh kebudayaan barat yang mampu menjadikan rusaknya moral anak bangsa.

Belum lengkap rasanya apabila Anda berkunjung ke Banjarmasin tetapi belum menyaksikan sendiri pemandangan pasar Terapung yang sangat unik sambil menikmati aliran sungainya. Namun ketika mengunjungi langsung pasar Terapung ini usahakan tetap menjaga kebersihan dengan baik agar tetap terjaga kelestariannya dan tidak tercemar oleh sampah yang berserakan di aliran sungainya.

Menara Pandang Banjarmasin

Spot foto di Banjarmasin paling menarik lainnya ada di menara Pandang Banjarmasin. Menara ini merupakan salah satu objek wisata yang memiliki keindahan arsitiknya. Untuk bisa menikmati keindahan kota Banjarmasin dari atas ketinggian, pengunjung pun bisa menaiki menara ini. Spot menarik akan didapai oleh para pengunjung ketika berada diatas menara Pandang Banjarmasin ini. Menara ini menjadi ikon wisata baru di Kota Banjarmasin selain terkenal dengan pasar terapungnya, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami’ Banjarmasin dan Masjid Sultan Suriansyah.

Menara Pandang berada di Siring jalan Kapten Pierre Tendean Banjarmasin. Posisinya berdekatan dengan pasar Terapung milik Pemkot Banjarmasin di sungai Martapura. Menara Pandang dibuka tiap hari Senin hingga hari Jumat pada jam 10.00 – 21.00 WITA dan khusus hari Sabtu ditutup lebih lama satu jam. Sementara untuk hari Minggu dibuka mulai 08.00 – 21.00 WITA. Pengunjung objek wisata dari berbagai kalangan baik tua maupun muda.

Menara Pandang Banjarmasin ini mempunyai empat lantai, di bagian lantai teratasnya merupakan area terbuka. Sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa menyaksikan pemandangan yang indah Kota Banjarmasin dari atas ketinggian menara tersebut.

Jembatan Barito

Salah satu spot foto di Banjarmasin yang menarik lainnya adalah Jembatan Barito. Jembatan Barito merupakan sebuah jembatan besar yang melintang di atas Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan ini terletak di wilayah kabupaten Barito Kuala dan berjarak sejauh 15 km dari Kota Banjarmasin. Jembatan ini berukuran panjang 1.082 meter dengan melintasi Sungai Barito selebar 800 m dan Pulau Bakut selebar 200 m. Adapun konstruksi bangunan pada jembatan Barito ini, pada jembatan utamanya sepanjang 902 m, jembatan pendekat 180 m dengan lebarnya 10,37 m.

Jembatan ini merupakan akses penghubung jalan trans Kalimantan dari Kota Banjarmasin menuju ke Kota Palngkaraya ataupun sebaliknya. Jembatan Barito memiliki ketinggian ruang bebas jembatan utama sekitar 15-18 m, sehingga bisa dipakai untuk kegiatan perairan seperti Kapal Tongkang.

Jembatan Barito pertama kali diremikan pada 24 April 1997 di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. Jembatan Barito ini mampu mencatatkan rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang yang di miliki Indonesia. Hal tersebut dikarenakan jembatan ini mampu menghubungkan jalan trans Kalimantan atau menghubungkan dua provinsi bertetangga.

Masjid Al Munawarah Banjarmasin

Spot foto di Banjirmasin yang paling direkomendasikan selanjutnya adalah Masjid Al Munawarah Banjarmasin. Masjid ini terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani KM 7,3 No. 4B, Kertak Hanyar, Martapura, Pemurus Luar, Kecamatan Banjar Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Lokasi masjid Al Munawarah ini sangatlah strategis dikarenakan berada di pinggir jalan. Desain pada bangunan masjid bisa dikatakan sangat bagus dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Banyak sejumlah wisatawan melakukan peristirahatan di Masjid Al Munawarah untuk beribadah dan mengabadikan momen indah di sekitaran masjid. Masjid ini menjadi salah satu masjid kebanggan masyarakat Kota Banjarmasin.

Pulau Bakut Banjarmasin

Berwisata ke Banjarmasin mungkin merupakan suatu idaman bagi setiap orang. Tak jarang kebanyakan orang rela merogoh koceknya untuk bisa berwisata ke Kota Banjarmasin ini. Salah satu destinasi wisata menarik tersebut adalah Pulau Bakut. Di Pulau Bakut ini wisatawan bisa mencari spot foto di Banjarmasin yang paling berkesan dan menarik. Pulau Bakut merupakan sebuah pulau di dalamnya terdapat habitat asli monyet khas Kalimantan, yakni Bekantan.

Pulau Bakut adalah bagian dari Kabupaten Baritokuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Keberadaan Pulau Bakut ini berada di bawah jembatan Barito, yang merupakan jembatan kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

Pulau Bakut ini dikelilingi oleh pepohonan dengan tumbuhan liar dan memiliki tanah yang becek, di tempat inilah sejumlah Bekantan itu tinggal. Pulau Bakut ini merupakan salah satu tujuan utama bagi para wisatawan karena panorama keindahan alamnya yang menakjubkan. Daya tarik para wisatwan berkunjung ke tempat ini tak lain adalah bisa menyaksikan langsung kehidupan liar para Bekantan tersebut. Bekantan ini berbeda golongan dengan jenis hewan primata lainnya seperti orang utan, kera, lutung dan sejenis lainnya.

Ciri khas keunikan dari Bekantan ini bisa terlihat dari hidung panjangnya yang berwarna merah. Bekantan tersebut memiliki bulu berwarna coklat muda, namun ada yang memiliki warna agak keputihan. Hewan Bekantan ini merupakan maskot asli dari Kalimantan Selatan. Hingga sekarang ini habitatnya dilindungi oleh Pemerintah dan tidak boleh diganggu oleh pemburu hewan.

Namun di Pulau Bakut para pengunjung bisa menyaksikan langsung habitat asli dari hewan Bekantan ini. Bekantan-bekantan tersebut biasanya bergelantungan di atas pohon, tetapi juga kerap berkeliaran di bawah pohon sambil bercanda dengan yang lainnya.

Pulau Bakut ini dijadikan sebagai daerah konservasi Bekantan dan cocok sekali bagi pengunjung yang memiliki minat khusus dalam menanam guna menjaga kelestarian alam dan mengabadikan gambar (fotografi alam liar) karena tempat ini menjadi spot foto terbaik di Banjarmasin.

Setiap harinya Pulau Bakut ini kerap kali dikunjungi sejumlah pengunjung, entah itu hanya sekedar melihat kegiatan lucu yang dilakukan oleh segerombolan Bekantan ataupun kegiatan penanaman tumbuhan.

Itulah beberapa informasi mengenai spot foto di Banjarmasin yang wajib Anda ketahui, semoga penjelasan kami ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar