Persyaratan Yang Dipenuhi Dalam Mendirikan PT

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya, slah satu diantaranya adalah bekerja. Banyak jenis pekerjaan yang tersedia, namun tidak sedikit orang memilih untuk mmebuka usaha mereka sendiri. Berbagai jenis usaha dijalankan oleh masing-masing orang, mulai dari usaha kecil-kecilan, hingga menengah keatas dengan biaya atau modal yang mereka punya. Untuk usaha menengah, seseorang butuh modal yang cukup untuk lakukan atau mendirikan usaha mereka, tidak jarang dari mereka membuat sebuah PT (Perseroan Terbatas) atau CV () untuk mematenkan usaha mereka. PT atau Perseroan Terbatas itu sendiri merupakan sebuah bentuk perusahaan yang modalnya terbagi atas saham-saham, dengan tanggung jawab yang dipegang bersama para pemegang saham tersebut dimana tingkatan tanggung jawabnya sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Untuk mendirikan atau membuat sebuah PT, ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi sebelumnya, yaitu;

Memiliki izin usaha dn izin oprasional

Pemberian izin usaha dilakukan oleh lembaga OSS atau Online Single Submission yang merupakan lembaga pemerintah non kementrian yang melakukan koordinasi terhadap penanaman modal. Lembaga ini juga akan mengelola, melaksanakan dan mengembangakan sistem OSS, dengan melakukan kerja sama dengan pihak lain. Selain itu OSS juga yang akan menentukan masih berlaku atau tidaknya NIB atau Nomor Induk Berusaha yang diberikan, termasuk dalam hal pencabutan NIB.

Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB atau nomor induk berusaha diberikan oleh lembaga pemerintah OSS yang berbentuk 13 digit angka acak yang disertai dengan tanda tangan elektrik dan pengaman. Untuk mendapatkan NIB bisa dengan cara melakukan registrasi pada laman OSS yang sudah tertera.

Badan usaha sesuai dengan tujuan dan maksud dalam KBLI 2017

KBLI merupakan klasifikasi buku lapangan usaha. Diatur dalam peraturan pemerintah pasal 22 ayat 2, pendirian bidang usaha harus sesuai atau yang sudah diatur dalam KBLI tahun 2017. Hal ini akan digunakan ketika mendaftarkan pada OSS untuk pembuatan akta pendirian PT.

Akta pendirian PT dan SK pengesahan badan hukum

Akta pendirian PT dan SK pengesahan badan hokum diperlukan dalam pendirian atau pembuatan PT untuk mendapatkan NPWP perusahan.


Apabila anda kesulitan dalam membuat atau mendirikan sebuah PT, kami merekomendasikan untuk kalian untuk menggunakan jasa dengan PAKET Biaya Jasa Pendirian PT PMA SIUJK Sbu izin NIB

Jalan Mayjend. D.I. Panjaitan no 45 by pass Gedung Pembina Graha RT.17, RW.9, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350

0812-9787-9901

https://maps.app.goo.gl/me2J2Xt3wsgZJ1zh7

Tinggalkan komentar