Panen 10X Lipat! Ini 8 Keunggulan Budidaya Lele Sistem Bioflok

Yakin? kolam ikan anda benar-benar bisa menghasilkan panen secara maksimal?

Jangan ragu! Baca ini dan buktikan!

Teknik Bioflok adalah teknik budidaya ikan lele dengan memanfaatkan limbah ikan lele tersebut menjadi sumber makanan atau pakan.

Penjelasan yang paling mudah dimengerti adalah teknik budidaya ikan yang paling menguntungkan karena sangat menghemat beberapa hal, baik dari jumlah pakan hingga air.

Loading...

Ikal Lele 300x188 - Panen 10X Lipat! Ini 8 Keunggulan Budidaya Lele Sistem Bioflok

Banyak partikel yang bercampur dalam teknik ini sehingga membentuk flok atau gumpalan.

Semua partikel tersebut memungkinkan sistem mutualisme dalam air, sehingga ikan berkembang dengan lebih baik. Sistem ini biasanya sangat dianjurkan untuk meningkatkan produksi ikan.

Sistem Bioflok bisa disebut dengan teknik pembudidayaan ikan tanpa harus mengganti air.

Bioflok terdiri dari gumpalan – gumpalan organik dari mikrooganisme air seperti bakteri, algae, fungi, protozoa, metazoa, rotifera, nematoda, gastrotricha, serta organisme lainnya yang terinteraksi dengan baik dan melayang – layang di dalam air.

Sistem ini memanfaatkan mikroorganisme untuk mengubah limbah dan zat – zat anorganik menjadi organik dan mengubah zat – zat beracun menjadi protein yang baik bagi kesehatan ikan. Seperti ditunjukan pada denah gambar dibawah ini.

Selain itu, tidak hanya produksi yang dihasilkan melimpah sekitar 10x lipat dari proses biasa, namun sistem bioflok ini juga memiliki keunggulan – keunggulan lain yang sangat menguntungkan, diantaranya :

  1. Hemat Pakan

Penggunaan sistem bioflok ini akan menghemat pakan akibat mikrooganisme yang tumbuh dalam kolam memiliki nutrisi yang tinggi untuk pakan ikan. Limbah tambak seperti kotoran, algae, sisa pakan, dan amonia akan didaur ulang dan menjadikannya makanan alami berprotein tinggi. Dengan metode ini maka peternak dapat memberi pakan ikan hanya 2 kali sehari dengan FCR rendah yang dapat mencapai 0,7.

  1. Hemat Air
Loading...

Dengan menggunakan sistem bioflok ini, tidak perlu lagi untuk sering mengganti air kolam agar nutrisi baik akibat bakteri pembentuk flok dapat terus bekerja. Sistem bioflok dapat mengubah zat beracun seperti amonia menjadi bahan pakan bernutrisi tinggi bagi ikan Lele.

  1. Jumlah Produksi Ikan yang Tinggi

Kolam dengan sistem bioflok mampu menampung jumlah 10x lipat dibanding kolam biasa. Pada kolam biasa, peternak menebar bibit sekitar 100 ekor/m3 untuk menghindari kepadatan dan resiko memakan teman sendiri (kanibalisme) yang dapat terjadi pada ikan Lele. Namun, pada kolam bioflok dengan luasan yang kecil mampu menampung jumlah yang besar. Meskipun dalam kepadatan yang tinggi dan berdesakan, ikan tidak akan mengalami setres atau memangsa ikan lainnya karena ketersediaan makanan yang cukup di dalam kolam. Penebaran bibit yang tinggi akan meningkatkan produksi ikan Lele dengan kualitas yang terjaga dan menguntungkan.

  1. Budidaya di Lahan Terbatas

Dengan menggunakan sistem bioflok, lahan yang terbatas tidak menjadi masalah. Yang diperlukan hanyalah wadah yang akan menampung jumlah ikan yang besar dapat berupa terpal, plastik, atau drum. Perhatikan pula bahwa kolam yang dibuat harus terhindar dari cahaya matahari langsung dan hujan untuk menjaga kualitas air kolam dan tidak menggangu kelangsungan hidup mikroorganisme didalamnya.

  1. Mengontrol Aktivitas Ikan

Karena tidak tergantung pada sinar matahari, suhu kolam akan menurun dan membuat aktivitas ikan pun menurun sehingga ikan akan lebih tenang dan terhindar dari setres.

  1. Ph Air Relatif Stabil

Kadar asam (Ph) air kolam cenderung rendah sehingga kandungan zat beracun seperti amonia akan relatif kecil, sehingga akan menjaga kesehatan ikan.

  1. Tidak menimbulkan bau tidak sedap, sehingga ramah bagi lingkungan.

Pertumbuhan Ikan menjadi Lebih Cepat dan Seragam

Karena ketersediaan makanan yang melimpah akan meningkatkan pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dan lebih seragam tidak tumbuh lebih cepat atau lebih lambat.

  1. Hasil Panen Memiliki Kualitas Tinggi

Ikan yang diproduksi akan terjaga kesehatan dan kualitasnya. Sehingga akan menghasilkan ikan yang sehat dan bersih untuk harga jual yang tinggi pula.

Loading...

Tinggalkan komentar