Menu Diet Penderita Maag dan Gangguan Pencernaan

Jika Anda sudah bertahun-tahun mengidap maag, maka Anda barangkali sudah merasakan sendiri betapa sulitnya memilih makanan yang aman untuk lambung Anda. Adanya peradangan pada lambung membuat Anda lebih berhati-hati saat makan karena Anda tidak ingin memperparah kondisi yang diderita. Apalagi jika Anda adalah salah satu dari mereka yang mengidap maag kronis.

Pada penderita maag kronis sering mengalami gejala seperti perut kembung, mual dan muntah, bahkan sampai turunnya berat badan. Karena itu, perubahan gaya hidup pun memainkan peran penting dalam menangani maag yang mereka derita. Dan salah satunya adalah pengaturan pola makan. Karena itu, Anda tidak perlu bingung lagi ketika memilih apa saja jenis makanan yang aman untuk lambung. Sebab, berikut ini adalah panduan ringkas menu diet untuk penderita maag kronis yang meliputi jenis-jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi. Selamat membaca!

Loading...

Makanan yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Maag

Menurut koyomaagmanjur.com ketika seseorang menderita maag kronis, rasa nyeri karena peradangan di lambung dapat berlangsung terus-menerus. Nah, untuk menangani kondisi tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti:

  • Makanan kaya serat.

Selain sehat, makanan yang punya kandungan serat tinggi juga baik dikonsumsi oleh para penderita maag. Anda bisa memilih mulai dari gandum, wortel, brokoli, kacang-kacangan, maupun berbagai jenis buah dan sayuran lainnya sebagai sumber makanan berserat Anda setiap hari. Dan agar khasiatnya semakin terasa, baiknya Anda juga konsumsi makanan dengan kandungan lemak yang rendah seperti dada ayam dan ikan.

  • Probiotik

Jenis makanan yang satu ini mengandung mikroorganisme hidup yang sifatnya baik untuk kesehatan saat dikonsumsi, terutama pada sistem pencernaan. Dengan demikian, perkembangan bakteri buruk di dalam saluran cerna pun dapat dicegah dan tubuh Anda pun selalu sehat. Ada berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan probiotik, seperti yogurt. Anda juga bisa menemukan probiotik pada berbagai makanan fermentasi, misalnya kefir dan kimchi.

  • Teh chamomile.

Efek menenangkan pada chamomile menjadikan jenis tanaman satu ini banyak digunakan sebagai solusi berbagai penyakit sejak zaman dahulu, termasuk masalah pencernaan. Dan bagi para penderita maag, teh yang terbuat dari tanaman chamomile juga menunjukkan efek yang positif, termasuk meringankan gejalanya.

  • Daun mint.
Loading...

Mint memiliki kandungan antispasmodic yang bermanfaat untuk mengendurkan otot yang tegang. Karena itulah berbagai jenis makanan yang mengandung mint bisa membantu menenangkan dan mengurangi gejala penyakit, termasuk maag dan meredakan nyeri yang timbul. Selain itu, ada kandungan vitamin C di dalam mint yang juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag

Pastinya, jenis-jenis makanan yang harus Anda hindari adalah makanan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Berbagai jenis makanan yang sering jadi pantangan para penderita maag termasuk makanan pedas dan asam karena sifatnya yang cenderung mengiritasi lambung. Selain itu, makanan yang tinggi lemak serta gorengan juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat memperlambat kinerja otot sistem pencernaan, rendah serat, dan menyebabkan perut kembung.

Anda yang merupakan penggemar makanan manis pun perlu membatasi jumlah konsumsi gula harian, terutama produk-produk dengan pemanis buatan yang sebaiknya dibuang jauh-jauh dari kulkas Anda. Minuman dan makanan berkafein seperti cokelat, teh, soda, dan kopi pun perlu dibatasi konsumsinya. Dan jika Anda punya kebiasaan minum minuman beralkohol, Anda pun perlu menghentikannya karena alkohol juga berdampak buruk bagi organ tubuh vital Anda, seperti hati.

Solusi Aman dan Cepat Atasi Serangan Maag

Anda barangkali sering merasakan serangan maag yang datang dengan tiba-tiba, sehingga aktivitas jadi terganggu. Mengunyah kunyit begitu serangan maag datang dapat menjadi solusi yang Anda coba, apalagi ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kunyit empat kali setiap hari dalam seminggu dapat meredakan gejala maag.

diet cepat untuk penderita maag diet untuk penderita maag dan darah rendah pengalaman diet penderita maag menu diet penderita maag dan gangguan pencernaan diet ocd untuk penderita maag menu diet untuk penderita asam lambung diet mayo bagi penderita maag diet untuk penderita asam lambung tinggi
Loading...

Tinggalkan komentar