Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Website Di Google 2019

Meningkatkan peringkat sebuah website pada pencari mesin pencari atau search engine seperti Google, Bing dan Yahoo marupmeru tugas utama dari seorang digital marketing.

Dalam meningkatkan peringkat sebuah blog / website setiap digital marketing menggunakan teknik berbeda-beda antara satu dengan yang lain, hal itu dikarenakan SEO bukanlah sebuah ilmu pasti, bukan seperti mata pelajaran sekolah.

Perkembangan di dunia digital, khususnya pada Google bisa dibilang sangat pesat, dalam pengembangan algoritma tersebut berdampak pada perubahan teknik lama ke baru yang lebih efesien dan faktor-faktor penentu agar website bisa muncul di halaman pertama Google juga ikut berubah.

Dalam pembangunan algoritma Google akan menyaring website yang menggunakan tek seo black hat dan menghukumnya dengan menghilangnya dari pencarian Google.

Loading...

Lalu, apa saja faktor SEO apa yang bisa mempengaruhi peringkat website di Google di tahun 2019 ini? Mari simak poin paling penting dan harus anda terapkan pada website atau blog yang sekarang anda kelola.

1. Konten

Tips membuat website atau faktor penentu peringkat website pada mesin pencari Google yang paling utama adalah konten.

Menurut sasa pribadi, panjang pendek sebuah konten tidak menjadi tolak ukur, yang terpenting dari sebuah konten tersebut adalah dapat menjawab pertanyaan dari pengunjung blog.

Untuk itu gunakan judul dan deskripsi yang tepat pada sebuah konten, agar tidak membuat pengguna kecewa yang akhirnya langsung meninggalkan website anda.

2. Kecepatan website dan kesetabilan hosting

Berdasarkan laporan yang diterbitkan paa laman resmi Google, mayoritas penggunaan internet di Indonesia selama 2018 akan meninggalkan website dengan loading yang lambat ukuran yang baik pada kecepatan website adalah tidal lebih dari 3 detik.

Oleh karena, setiap admin pengelola harus memastikan website-nya dapat diakses dengan cepat oleh pengguna.

Agar pengguna tidak menutup website anda, sebaiknya lakukan optimasi agar website anda bisa dikunjungi dengan cepat.

Kecapatan sebuah website menjadi poin pertama yang harus diperhatikan sebab, faktor utama agar website dapat muncul di halaman pertama Google adalah kecepatan website.

Biasanya kecepatan website dipengaruhi 2 faktor internal dan eksternal. Contoh dari internal adalah adanya terlalu banyak javascript atau css pada sebuah website, dan faktor eksternal adalah kualitas hosting yang digunakan.

Loading...

Nb. Saya perlu mengingatkan pada anda untuk tidak menggunakan promo hosting murah, karena biasanya yang murah kualitas nya buruk.

3. Bounce rate

Hal utama yang dapat menentukan seberapa kualitas website anda yaitu nilai bounce rate. Artinya bounce rate yang tinggi menandakan kualitas web anda sangat buruk, sedangkan bounce rate yang rendah iti menandakan website anda memiliki kualitas yang baik.

Menurut saya pribadi nilai standar sebuah website adalah 60 dari 100, kalau bisa lebih kecil atau dibawah 60 itu akan lebih baik lagi.

Google juga menjadi bounce rate sebagai salah satu faktor penentu peringkat sebuah website.

4. SSL atau HTTPS

Mulai tahun 2018 google telah menyarankan setiap website untuk menggunakan ssl atau https.

Jika sebuah website yang tidak menggunakan https akan dianggap sebagai halaman tidak aman, hal ini akan menurunkan minat pengguna untuk mengakses laman tersebut, yang dikira dapat merusak gadget pengguna.

Maka dari itu, disarankan bagi setiap admin website untuk menggunakan ssl di setiap website yang dikelola.

Sekian.

Loading...

Tinggalkan komentar