Cara Merawat Tulang Agar Tetap Kuat Dan Berfungsi Dengan Baik

Menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang penting untuk kesehatan Anda.

Tulang Anda membutuhkan beragam vitamin dan mineral untuk menjaga kekuatan dan kepadatannya. Jika Anda tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tulang. Maka tulang Anda akan kehilangan kepadatan dan rapuh serta meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan tulang Anda secara alami. Simak ulasannya dibawah ini:

Cara Menjaga Kesehatan Tulang secara Alami

1. Konsumsi Sayuran

Konsumsi beragam sayuran merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tulang yang mudah untuk dilakukan.

Loading...

Kandungan vitamin C dalam sayuran dapat menstimulasi produksi sel-sel tulang, selain itu vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan yang mencegah tulang dari kerusakan karena radikal bebas dan menjaga kepadatan tulang Anda.

Kepadatan tulang Anda diukur dari jumlah kalsium dan mineral lainnya yang terkandung di dalam tulang Anda. Masalah tulang seperti Osteopenia dan Osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh rendahnya kepadatan tulang.

Dalam beragam penelitian mengungkapkan rutin mengonsumsi sayuran hijau dan kuning dapat meningkatkan kandungan mineral tulang dan menjaga kepadatan tulang.

2. Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban selain membentuk otot tubuh Anda, juga dapat menjaga kesehatan tulang Anda.

Mereka yang rutin berolahraga sejak remaja umumnya memiliki risiko osteoporosis yang lebih rendah ketika memasuki usia lanjut. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pria dan wanita yang melakukan olahraga angkat beban menunjukan bahwa mereka memiliki kandungan mineral tulang, kekuatan tulang dan ukuran tulang yang lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga.

Oleh karena itu, rutinlah berolahraga mulai saat ini untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium merupakan mineral esensial untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Mineral ini selain penting untuk tulang dan gigi, juga dibutuhkan untuk fungsi otot tubuh Anda, koordinasi sistem saraf, sekresi hormon dan mengatur tekanan darah. Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi makanan seperti Susu, Keju, Yogurt dan Ekstrak Kulit Manggis.

Namun, untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya dibutuhkan makanan tinggi kalsium, Anda juga membutuhkan makanan dengan kandungan vitamin D sepert ikan laut, kuning telur dan hati sapi. Vitamin D berperan dalam memastikan penyerapan kalsium oleh tulang Anda dan menjaga kepadatan tulang Anda.

Loading...

4. Konsumsi Suplemen vitamin K

Vitamin K merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda, vitamin K berperan dalam menstimulasi tubuh memproduksi protein untuk kesehatan tulang.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi makanan tinggi vitamin K seperti Kale, Brokoli, dan Bayam menunjukan bahwa mereka memiliki kepadatan tulang yang baik dan kesehatan tulang yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi vitamin K.

Dalam penelitian lain mengungkapkan bahwa vitamin D dan Vitamin K merupakan kombinasi yang baik untuk kesehatan tulang Anda, vitamin D dapat memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tulang Anda, dan vitamin K bertugas untuk menjaga kepadatan tulang Anda.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein yang didapat dari Kopi, Teh, dan Coklat memang memiliki manfaat bagi kesehatan Anda, namun bagi Anda yang sudah berusia lanjut ada baiknya kurangi konsumsi Kafein. Hal ini dikarenakan konsumsi kafein dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap Kalsium.

Dalam sebuah studi menunjukan bahwa mereka yang jarang mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari umumnya mengalami penurunan kepadatan tulang dengan cepat. Oleh karena itu, bagi Anda pecinta kopi pastikan perhatikan asupan makanan tinggi kalsium setiap hari setelah mengonsumsi kopi.

6. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol merupakan kebiasaan buruk untuk kesehatan Anda secara umum, dan berpengaruh langsung pada kesehatan serta kepadatan tulang Anda. Konsumsi alkohol 2-3 sloki setiap hari dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang secara signifikan, alkohol dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kehilangan kalsium melalui urin.

Demikian pula dengan kebiasaan merokok, racun kimia terdapat pada rokok dapat menghalangi penyerapan kalsium oleh tubuh dan menyebabkan menurunnya kepadatan tulang Anda. Oleh karena itu, terapkan gaya hidup sehat dengan menjauhi asap rokok dan alkohol.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menjaga Kesehatan Tulang secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

cara merawat tulang agar tetap kuat dan berfungsi dengan baik
Loading...

Tinggalkan komentar